get app
inews
Aa Read Next : Massa Simpatisan Filep Karma Mengular 3 Km, Polisi dan Massa Berdebat Soal Bintang Kejora

Tempuh Perjalan 5 Jam, Prosesi Pemakaman Almarhum Filep Karma Digelar Malam Hari

Kamis, 03 November 2022 | 00:08 WIB
header img
Prosesi pemakaman Almarhum Filep Jacob Semuel Karma di TPU Batas Kota, Jayapura, Papua, Rabu (2/11/2022)

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Sekitar ribuan warga Papua, Rabu (2/11/2022) mengantar Jenazah Filep Jacob Semuel Karma ke tempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman umum, Batas Kota, Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua. Dari pantauan iNewsSorong.id, arak-arakan pengantaran Jenazah Filep Karma melewati ruas jalan utama hingga ke lokasi pemakaman.


Long march ribuan warga Papua yang mengantar Jenazah almarhum Filep Jacob Semuel Karma ke peristirahatan terakhir, Rabu (2/11/2022) (Foto: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Massa semakin bertambah saat arak-arakan Jenazah Filep Karma memasuki wilayah Abepura. Ribuan warga Papua pun langsung bergabung dan melakukan long march ke lokasi pemakaman.

Arak-arakan warga Papua yang membawa Jenazah menempuh perjalan kurang lebih 5  jam. Dimana Jenazah Filep Karma diarak simpatisan dan kerabatnya dari rumah duka di Kawasan Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura pada sekitar pukul 14.30 WIT. Rombongan iring-ringan jenazah Filep kemudian baru tiba di pemakaman sekitar pukul 19.30 WIT.


Long march ribuan warga Papua yang mengantar Jenazah almarhum Filep Jacob Semuel Karma ke peristirahatan terakhir, Rabu (2/11/2022) (Foto: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)

 

Perjalanan panjang massa simpatisan Filep Karma menuju pemakaman ini lantaran terjadi beberapa kali perdebatan alot dengan polisi. Mulai dari massa yang ingin mengarak jenazah Filep ke pemakaman, permintaan tidak mengibarkan Bendera Bintang Kejora oleh pihak Kepolisian, hingga berubahnya rute perjalanan yang akan di lalui massa simpatisan.

Selain itu, massa pun melakukan long march mulai dari Distrik Abepura hingga ke lokasi pemakaman. Hal itu kemudian mengakibatkan proses pemakaman harus dilaksanakan di malam hari.


Usai tiba di pemakaman, dilanjutkan dengan prosesi pemakaman yang dihadiri ribuan simpatisan dan kerabat Almarhum. Proses pemakaman juga berlangsung hikmat, dengan melakukan pelepasan jenazah melalui ibadah dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari rekan seperjuangan Filep Karma.


Prosesi pemakaman Almarhum Filep Karma di TPU Batas Kota, Waena, Kota Jayapura, Selasa (2/11/2022)

 

Dalam prosesi pemakaman, terlihat hadir, Markus Haluk, pejuang kemanusiaan,  Surya Ginting selaku Jubir Front Rakyat Indonesia untuk West Papua dan juga Dominukus Surabut Ketua Dewan Adat Papua versi Kongres Luar Biasa, Ketiganya diberikan waktu untuk memberikan sambutan pelepasan jenazah.


Setelah menjalani rangkaian acara di lokasi pemakaman, jenazah Filep akhirnya dimakamkan sekitar pukul 22.00 WIT. Selanjutnya massa dengan dikawal aparat kepolisian membubarkan diri dengan tertib.


Long march ribuan warga Papua yang mengantar Jenazah almarhum Filep Jacob Semuel Karma ke peristirahatan terakhir, Rabu (2/11/2022) (Foto: iNewsSorong.id/CHANRY ANDREW)
 
 
Pendeta John Baransano yang ikut dalam prosesi pemakaman mengungkapkan, pemulasaran Filep Karma berjalan aman dan lancar hingga selesai.

"Hadir ribuan masyarakat Papua untuk ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Aparat kepolisian juga ikut mengawal jalannya proses pemakaman. Semua proses aman dan lancar," ungkapnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut