get app
inews
Aa Read Next : Video : Tokoh Pejuang HAM dan Keadilan Filep Karma ditemukan tewas di Pantai

Ratusan Massa Arak Jenazah Almarhum Filep Karma Ke Rumah Duka, Bintang Kejora Sempat Berkibar

Selasa, 01 November 2022 | 15:17 WIB
header img
Aparat Kepolisian Adang ratusan massa yang membawa jenazah tokoh Papua Filep Karma menuju rumah duka. Pihak Kepolisian meminta massa untuk tidak membawa atribut Bendera Bintang Kejora yang sempat dikibarkan. (Foto : iNewsSorong.id)

JAYAPURA, iNewsSorong.id -Ratusan massa yang merupakan warga Papua mengarak jenazah Filep Karma, Tokoh Karismatik Papua dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua menuju rumah duka di kawasan Dok V Atas, Kota Jayapura. 

Iring-iringan jenazah ini menempuh perjalanan sekitar 2  jam dari RS Bhayangkara Polda Papua dan dikawal pihak kepolisian. 

Dari pantauan iNewsSorong.id, dalam iring-iringan jenazah tersebut seorang warga sempat membawa bendera bintang kejora yang merupakan bendera organisasi Papua merdeka. Bendera yang dilarang oleh Pemerintah Indonesia itu nampak di Kibarkan didalam iring-iringan jenazah. 


Danyon Gegana Brimob Polda Papua Kompol Clief Gerald Ph.Dwith dan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Dean Mackbon nampak melakukan mediasi dengan massa yang membawa Bendera Bintang Kejora (Foto : iNewsSorong.id)

 

Aksi warga yang membawa bendera bintang kejora di respon oleh pihak kepolisian yang meminta pembawa bendera untuk menurunkan bendera bintang kejora tersebut. 

Terlihat sejumlah aparat Kepolisian berusaha menghentikan iring-iringan massa dan meminta salah seorang warga yang membawa dan mengibarkan bendera bintang kejora untuk diturunkan. 

Danyon Gegana Brimob Polda Papua Kompol Clief Gerald Ph.Dwith dan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Dean Mackbon nampak melakukan mediasi dengan massa. 

Setelah kurang lebih 15 menit negoisasi, massa akhirnya bersedia menurunkan bendera bintang kejora dan melanjutkan perjalanan menuju rumah duka di kawasan Dok V Atas, Kota Jayapura. 

Terlihat puluhan personel Brimob Pold Papua dan Kepolisian Polresta Jayapura Kota masih berjaga-jaga di depan jalan masuk menuju rumah duka almarhum Filep Karma. 

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Dean Mackbon bersama sejumlah personel juga terlihat berada di depan rumah duka almarhum. 

Iring-iringan jenazah sempat membuat khawatir warga kota Jayapura. Terlihat sejumlah pedagang memilih menutup toko mereka karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Puluhan personel Brimob Polda Papua dan Anggota Kepolisian dari Polresta Jayapura Kota diturunkan untuk mengamankan iring-iringan jenazah Filep Karma

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut