Kunjungi Kampung Adat, Momen Pertemuan Spiritual Fakhiri-Aryoko: Menuju Papua Yang Lebih Cerah

ANDREW CHAN
Bapaslon Mari-Yo kunjungi kampung ada di Kota Jayapura, Papua. (FOTO : IST)

 

 

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Matius Fakhiri dan Aryoko Rumaropen (dikenal dengan sebutan "Mari-Yo"), melakukan kunjungan ke situs-situs keagamaan dan ziarah ke makam leluhur di Kampung Enggros dan Kampung Tobati, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, pada Kamis, (12/9/2024).

Kedatangan pasangan Mari_Yo ini disambut hangat para tokoh dan masyarakat setempat.  Didampingi oleh para tokoh adat setempat, kunjungan ini mencakup persinggahan ke Tugu Pekabaran Injil di Tanah Tabi Papua serta doa bersama di bawah patung Yesus.

Matius Fakhiri, yang memiliki garis keturunan dari Kampung Tobati, menyatakan rasa syukurnya atas kesempatan ini, melihat situs bersejarah masuknya Injil di Port Numbay.

“Saya bersyukur karena Tuhan memberikan waktu yang baik kita semua untuk bisa melihat situs bersejarah injil masuk di Port Numbay. Jadi kami hari pergi ke Metu Debi dan makam ondofolo serta rumah keluarga dari nenek saya di Tobati laut,” kata Fakhiri yang juga memiliki garis keturunan dari Kampung Tobati.

Ia juga menyampaikan kebiasaannya untuk meminta restu dari para leluhur dan orang tua sebelum memulai sesuatu, seperti yang dilakukannya saat menerima pangkat bintang tiga, dengan berziarah ke makam orang tuanya.

“Sebagai anak wajib melakukan hal itu. Sama seperti waktu saya dianugerahi pangkat bintang tiga, saya berziarah ke makam orang tua saya di Taman Makam Bahagia maupun pekuburan umum Tanah Hitam.”

Fakhiri menekankan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari niatnya bersama Aryoko Rumaropen untuk melangkah maju dalam pemilihan kepala daerah sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

“Kali ini saya bersama Aryoko Rumaropen punya niat untuk melangkah ke pesta Pilkada sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua datang mengikuti apa yang seharusnya dilakukan,” jelasnya.

Mereka berharap apa yang mereka niatkan akan direstui oleh alam dan leluhur, dengan visi membangun Papua yang cerdas, sejahtera, dan harmonis.

“Yang jelas kami pasangan (Mari-Yo) memiliki niat untuk membangun Papua yang Cerdas, Sejahtera, dan Harmoni,” tegasnya.

Johan Hamadi, Tokoh Adat Tabi, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Mari-Yo dan berharap niat mereka dapat terwujud, seraya berdoa agar Tuhan Yesus memberkati langkah mereka.

“Tuhan Yesus selalu memberkati langkah Matius Fakhiri-Aryoko Rumaropen,” kata Hamadi.

Sementara itu, Ondoafi Kampung Tobati, Hans H. Ireeuw, memberikan dukungan penuh kepada Matius Fakhiri dan Aryoko Rumaropen, berharap mereka terpilih dan dapat mempercepat pembangunan untuk masyarakat Papua secara luas.

“Kiranya beliau nanti terpilih, kami harap beliau lebih gencar melakukan pembangunan-pembangunan kehidupan masyarakat secara luas. Dengan dorongan kami beliau harus jadi Gubernur,” tegas Ireeuw.

Pada kesempatan itu, pasangan Mario-Yo dan rombongan juga menyempatkan diri menikmati keindahan panorama alam Teluk Youtefa dan Jembatan Merah, Kota Jayapura. Ke depan, pasangan Mario-Yo memiliki komitmen untuk mengembangkan pariwisata di tanah Papua, khususnya di kota Jayapura.

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network