Alami Luka Serius, Pilot dan Co Pilot Trigana Air Service di Evakuasi ke RS Provita Jayapura

ANDREW CHAN
Pesawat Trigana Air Service tergelincir di bandara Stevanus Rumbewas, Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin (9/9/2024). Pesawat tergelincir akibat gagal take off. (FOTO: iNewsSorong.id)

 

 

SERUI, iNewsSorong.id - Dua kru pesawat Trigana Air Service masing-masing Pilot Capt Khoiron Sorwan dan Co Pilot Lingga Candra Burnama terpaksa di rujuk ke RS Provita Jayapura akibat mengalami luka serius paska kecelakaan pesawat Trigana Air PK YSP ATR 42-500 yang tergelincir di Bandara Stevanus Rumbewas, Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua pada Senin (9/9/2024) sekitar pukul 08.36 WIT. 

Pilot dan Co Pilot Pesawat Trigana tersebut sebelumnya mendapat perawatan intensif di RSUD Serui bersama sejumlah penumpang lainnya.

Direktur RSUD Serui, dr. Jhony Abaa mengatakan keduan korban yang dirujuk ke RS Provita Jayapura ini mengalami luka serius pada bagian tulang belakang dan leher. Keduanya harus mendapatkan penangan medis serius untuk perawatan medis selanjutnya 

" Yang mendapat rujukan dua. Satu pilot dan satu co-pilot. Karena mereka mengalami luka serius di bagian tulang belakang dan leher dan memerlukan ct scan," ujar dr. Jhonny.

Menurut dr. Jhonny, kedua pasien tersebut diberangkatkan ke Jayapura melalui Bandara Stevanus Rumbewas Serui dengan menggunakan Maskapai Trigana Air Service. 

" Mereka keluar dari ICU RSUD Serui pagi tadi sekitar pukul 08.20 WIT dan diterbangkan ke Jayapura menggunakan pesawat Trigana Air Service,"ujarnya.

Selama di RSUD Serui menurut dr.Jhonny kedua pasien tersebut menjalani perawatan di ruangan ICU mengingat kondisi kedua pasien yang cukup parah paska kecelakaan pesawat tersebut.

Sebelumnya dilaporkan, Pesawat Trigana jenis ATR 42-500 dengan nomor registrasi PK-YSP, penerbangan TGN 292, mengalami musibah saat hendak lepas landas di Bandara Stevanus Rumbewas, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, pada Senin (9/9/2024) sekitar pukul 08.36 WIT. Pesawat yang dipiloti oleh Capt Khoiron Sorwan dan Co Pilot Lingga Burnama ini tergelincir keluar landasan. 

Pesawat tersebut membawa sebanyak 48 penumpang termasuk kru pesawat. Dimana dalam pesawat itu juga terdapat Ketua TP PKK Provinsi Papua Ny. Kerdina Ramses Limbong serta sejumlah Kepala OPD.

Terjadinya Kecelakaan Pesawat Trigana Air PK-YSP ATR  42-500 di Bandar  Udara Stevanus Rumbewas, Kamanap Serui diduga Pesawat tersebut mengalami gangguan mesin.

Pihak Otoritas Bandara, Kepolisian dan pihak Maskapai saat ini masih menunggu kehadiran pihak KNKT untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut penyebab pasti kecelakaan pesawat tersebut. 

 

Adapun Data Pilot, Co Pilot, Crew dan Penumpang sebagai berikut : 

a. Pilot : Capt. KHOIRON SORWON

b. Co Pilot : LINGGA CANDRA BURNAMA

c. Crew : - NADYA ULFAH

- LEDDYA

- SARTO

- NURROHMAN

 

d. Rincian Penumpang :

1).   MARTHEN I. A. ORAREY 

2).   ROY U. PANJAITAN

3).   YULIANTO

4).   HABEL SANUARI

5).   NUR FAJRIATUL QADRI

6).   IRA O. NANJONG

7).   LISA PASULU

8).   HERU RISWANTO

9).   FADLY NASRULLAH

10). PAULUS MERANI

11). ALFIN RIZAL WAHYUDI

12). BRIAN W. PATINAMA

13). HEKSI H.B. MARA

14). PETERA WONDA

15). MARTHIN MANUHUTU

16). BESTI Y. MAHENDRO

17). MUKHAMMAD T. ILHAM

18). I DEWA GEDE A. AGISHWARA

19). YEHEZKILE YABOISEMBUT

20). LENNY ELISABET KAYOI

21). RIKSON R. WAROMI

22). SELFIANA SANGGENAFA

23). ENDANG PAPARE

24). KERINA B. SILALAHI

25). MJ. LETSOIN

26). ARMINI WAIMURI

27). SARAH MANSI

28). YODI TABUNI

29). DONNA Y. ROUW

30). MARIA M. YOBI

31). BELA HUTABARAT

32). RIA G. YABOISEMBUT

33). GLADIS NONTON

34). FRANKY MABEL

35). JOUCE PIRIS

36). SARAH WAKUM

37). ALWI FANDORI

38). VIKTOR TANIA

39). RAMADHAN J. SAMBANG

40). SULASTRI AYU PERTIWI

41). YORAM A

42). TANIA ELVANO (BAYI)

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network