48 Penumpang Selamat Setelah Pesawat Trigana Tergelincir Keluar Landasan Pacu di Bandara Serui

ANDREW CHAN
Pesawat Trigana Air Service tergelincir di bandara Stevanus Rumbewas, Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin (9/9/2024). Pesawat tergelincir akibat gagal lepas landas. (FOTO: iNewsSorong.id)

 

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Pesawat Trigana jenis ATR 42-500 dengan nomor registrasi PK-YSP, penerbangan TGN 292, mengalami insiden tergelincir saat hendak lepas landas di Bandara Stevanus Rumbewas, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, pada Senin (9/9/2024) sekitar pukul 08.36 WIT. Pesawat yang dipiloti oleh Capt Khoiron Sorwan ini mengalami kejadian tersebut saat akan berangkat menuju Bandara Sentani, Jayapura.

Pesawat tersebut membawa puluhan penumpang termasuk rombongan istri Pj. Gubernur Papua yang juga Pj. Ketua TP PKK Papua, Ny. Kerdina Ramses Limbong serta sejumlah Kepala OPD.

Kepala Kepala Kantor UPBU Kelas III Stevanus Rumbewas Serui, Fraun Hisage yang dikonfirmasi iNewsSorong.id menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 08.36 WIT dimana sebelumnya pesawat meminta izin start pada pukul 08.25 WIT (0125 UTC) dan mulai taxi pada pukul 08.33 WIT (0133 UTC). Ketika line up dan siap untuk lepas landas pada pukul 08.35 WIT (0135) UTC, pesawat tergelincir ke arah kiri satu menit kemudian pada posisi 1200 meter dari runway.

“ Kondisi cuaca saat itu normal dengan jarak pandang 10 km dan angin 050° 5 knot,”jelas Fraun Hisage dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Senin (9/9/2024).

Lanjut Fraun, total penumpang berjumlah 42 orang termasuk satu bayi, dan kru sebanyak enam orang. Dimana semua penumpang dan kru selamat meskipun beberapa mengalami cedera dan telah dievakuasi ke RSUD Serui.

“ Kondisi Penumpang dan kru selamat, beberapa mengalami cedera dan telah dievakuasi ke RSUD Serui. Pesawat mengalami kerusakan parah dan tergelincir keluar dari area runway sekitar 20 meter ke arah selatan,”ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Safety, Security and Quality (SSQ) Capt Lalu Yuniza menyatakan bahwa penyebab insiden ini belum diketahui, dan pihaknya masih menunggu laporan lebih lanjut dari pilot.

“ Komunikasi dengan pihak Bandara Serui dan kru pesawat masih sulit dilakukan, sehingga informasi detail terkait penyebab kecelakaan belum diperoleh,”ungkap Capt Lalu Yuniza dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi iNews.

Walaupun kondisi pesawat mengalami kerusakan berat, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“ Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab pasti insiden ini,”ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network