Konsisten Gencarkan Kesetaraan Gender, Kilang Kasim Raih Penghargaan Nusantara CSR Awards 2024

MELINDA WAA
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim raih penghargaan CSR Award 2024. (FOTO: iNewsSorong.id - IST)

 


JAKARTA, iNewsSorong.id – Konsistensi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim dalam mengampanyekan kesetaraan gender berbuah manis. Kilang termuda di Indonesia itu diganjar penghargaan Nusantara CSR Awards 2024.

Penganugerahan penghargaan yang diiniasi La Tofi sebagai pendiri La Tofi Schol Reponsibility itu dilakukan Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (17/7/2024). Dihadiri pmpinan perusahaan, pegiat CSR di seluruh Indonesia dan pegiat sosial, Rocky Gerung. 

Area Manager Communication, Relations, CSR, & Compliance RU VII Kasim, Ferdy Saputra dalam pernyataannya menyebutkan penghargaan ini sebagai apresiasi atas kepedulian Kilang Kasim terhadap masyarakat adat Suki Moi Lemas. “Suku Moi Lemas merupakan komunitas masyarakat adat yang jauh dari pusat moderniasi dan pendidikan. Mereka menggantungkan hidup dari hasil alam seperti sagu, sayur, dan hewan buruan,” jelasnya. 

Kondisi ini lanjut Ferdy berdampak pada minimnya opsi kegiatan, peningkatan kapasitas, dan akses informasi. “Salah satu kelompok yang paling dirugikan adalah perempuan adat Suku Moi Lemas,” kata Ferdy.

Melihat kondisi ini, Kilang Kasim mengembangkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang fokus pada pemberdayaan perempuan adat Suku Moi Lemas bertajuk Mama Bagarak (Mama-mama Bergerak). “Program ini memberikan ruang kepada perempuan adat Suku Moi Lemas untuk berorganisasi, berketerampilan, lebih percaya diri, dan mandiri secara ekonomi untuk menopang kehidupan mereka,” ungkap Ferdy.

Sebagai wadah pemberdayaan, dibentuk Kelompok Kalifiti beranggotakan 47 Mama-mama Suku Moi untuk mengolah minyak kelapa. “Hasilnya, kehidupan masyarakat Moi berubah signifikan dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Di antaranya penurunan emisi sebesar 2,1 ton CO2 per tahun, peningkatan pendapatan serta peningkatan keterlibatan mama-mama di lingkungan sosial,” kata Ferdy.

Atas konsistensi pemberdayaan ini, Kilang Kasim menyabet Nusantara CSR Awards kategori kesetaraan gender, yang diberikan langsung oleh La Tofi. “Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada Pertamina Group karena mendaftarkan program paling banyak di Nusantara Awards tahun ini, bukti Pertamina sungguh-sungguh dengan kegiatan CSR” tuturnya.
 
Ferdy menyambut baik penghargaan ini, dan menyebut akan terus bergerak melalui program-program yang telah direncanakan termasuk CSR “Komitmen kami tetap sama untuk terus berkontribusi memajukan masyarakat Indonesia timur, khususnya masyarakar sekitar Kilang Kasim” imbuh Ferdy.
 
Diketahui, Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan La Tofi School of Social Responsibility. Ditujukan bagi perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyrakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network