Kisah Inspiratif Letkol Inf Ronald Patty, Wujudkan Mimpi Dua Putra Papua Jadi Perwira TNI AD

ZADRAK WANGGAI
Dandim 1807 Sorong Selatan Letkol Inf Ronald Michael Patty. (FOTO: iNewsSorong.id - ZAWA)

 


TEMINABUAN, iNewsSorong.id - Sebuah kisah inspiratif datang dari Teminabuan kabupaten Sorong selatan, di mana Letkol Inf. Ronald Michael Patty, Komandan Kodim 1807 Sorong Selatan, menunjukkan dedikasi luar biasa dalam membantu dua anak asli Papua mewujudkan cita-cita mereka menjadi perwira TNI Angkatan Darat. 

Kedua putra asli Papua tersebut masing-masing Letda CZi Max Untung Raubaba dan Letda Inf Herrry Irsa Matani, keduanya merupakan personil Kodim 1807 Sorong Selatan, Kodam XVIII Kasuari yang baru saja dilantik bersama 1.064 prajurit lainnya menjadi perwira TNI AD oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak pada Prasetya Perwira Program Studi Pendidikan Pembentukan Perwira (Prodi Diktukpa) TNI AD Gelombang I TA 2024 bertempat di Sekolah Calon Pewira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/6/2024).


FOTO Letda CZi Max Untung Raubaba dan Letda Inf Herrry Irsa Matani usai dilantik bersama 1.064 prajurit TNI lainnya sebagai perwira TNI oleh KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak pada Prasetya PerwiraProdi Diktukpa) TNI AD Gelombang I TA 2024. (IST)

 

 

Kesuksesan dua personil TNI AD ini  berawal saat Dandim 1807 Sorong Selatan Letkol Inf. Ronald Michael Patty bertemu keduanya yang saat itu masih berpangkat Bintara. Keduanya memiliki tekad yang kuat untuk mengabdi kepada negara dan mempunyai integritas yang mumpuni dalam meniti karir sebagai prajurit TNI. 

Melihat potensi dan semangat mereka, Letkol Inf. Ronald Michael Patty memutuskan untuk memberikan dorongan bagi kedua anggotanya yang adalah putra asli Papua untuk melanjutkan pendidikan mereka di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (SECAPAAD) Bumi Panorama Hegarmanah Bandung.

Dandim 1807 Sorong Selatan, Letkol Inf Ronald Michael Patty kepada Jurnalis iNewsSorong.id mengatakan keberhasilan kedua anggotanya dalam meniti karir hingga mencapai pangkat perwira adalah murni usaha dan semangat mereka. Sebagai pimpinan, Ronald mengaku dirinya hanya memberikan dukungan dan dorongan bagi kedua putra asli Papua tersebut. 

"Saya sebagai atasan hanya mendorong  mereka, potensi dan semangat mereka yang luar biasa. Saya yakin mereka bisa menjadi perwira TNI yang berprestasi dan membanggakan bangsa ," ujar Letkol Inf. Ronald Michael Patty.

Lebih lanjut Letkol Inf Ronald mengatakan, proses mencapai perwira TNI bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran, ketekunan, dan disiplin yang tinggi. Sebagai pimpinan dirinya selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada Letda Czi,Max Untung Raubaba dan Letda Inf, Herry Irsa Matani. agar mereka tetap fokus dan pantang menyerah.

"Menjadi perwira TNI memiliki beban tugas yang lebih berat. Saya selalu mengingatkan mereka untuk selalu menjadi teladan, kiranya keberhasilan ini dapat di tiru anggota lainnya kelak," ujar Letkol Inf. Ronald Michael Patty.

Mendapatkan dorongan dari atasan mereka menjadi angin segar bagi   Letda Czi,Max Untung Raubaba dan Letda Inf, Herry Irsa Matani untuk mengejar cita cita yang mereka impikan sebagai seorang Perwira TNI.

"Saya sangat bersyukur atas bantuan dan dorongan Pak Dandim. Saya tidak pernah menyangka bisa sampai pada titik ini. Saya berjanji akan belajar dengan tekun dan menjadi perwira TNI yang terbaik," ungkap Letda Czi,Max Untung Raubaba saat di wawancarai via telepon.

Kisah inspiratif  Letkol Inf. Ronald Michael Patty ini menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat dan bantuan dari orang-orang yang peduli, mimpi anak-anak Papua untuk meraih masa depan yang lebih cerah dapat menjadi kenyataan.

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network