Pemkot Sorong Kucurkan Miliaran Rupiah Dana Bantuan Bagi Pembangunan Rumah-Rumah Ibadah

MELINDA WAA
Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat saat menyerahkan bantuan dana pemerintah bagi pembangunan rumah ibadah gereja GKI Elim Malanu yang diterima Ketua PHMJ Pdt Izak Kwaktolo, S.Th, Kamis (9/5/2024). (FOTO iNewsSorong.id - WAMEL)

 

iNewsSorong.id - Pemerintah Kota Sorong pada tahun 2024 menyalurkan bantuan dana bagi pembangunan sejumlah rumah ibadah di wilayah itu. 

Total dana bantuan pembangunan rumah ibadah pada tahun 2024 berjumlah Rp 10 Miliar. Bantuan dana tersebut diperuntukkan bagi pembangunan rumah ibadah baik gereja, masjid dan vihara. 

Salah satu rumah ibadah yang mendapat bantuan pemerintah kota Sorong yakni Gereja Kristen Injili (GKI) Elim Malanu, Kota Sorong yang mendapat bantuan dana sebesar Rp 100 juta. 

Dana tersebut diserahkan langsung Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat dan diterima  Ketua PHMJ Pdt Izak Kwaktolo, S.Th, usai  pelaksanaan ibadah Hari Kenaikan Yesus Kristus di GKI Elim Malanu Kampung, Kamis (09/5/2024).

Pada kesempatan itu, Septinus Lobat dan keluarga juga menyerahkan bantuan dana secara pribadi bagi pihak panitia pembangunan gereja gereja GKI Elim Malanu. 

Lanjut Septinus kehadirannya bersama keluarga di GKI Elim Malanu selain mengikuti ibadah Hari Kenaikan Yesus Kristus, juga agar dapat menyerahkan secara langsung bantuan bagi pihak panitia pembangunan gereja. 

"Kami merasa terpanggil untuk menopang pelayanan dalam jemaat. Sebab GKI Elim adalah gereja mula-mula suku Moi yang tinggal di Malanu," ucap Septinus Lobat, kepada wartawan. 

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota mengatakan sebenarnya banyak proposal yang masuk kepada Pemerintah, namun dikarenakan kondisi keuangan Pemerintah Kota Sorong saat ini belum memadai maka pihak Pemerintah harus memprioritaskan bantuan yang urgent. 

" Total bantuan keagamaan khususnya pembangun rumah-rumah ibadah yang diberikan pemerintah tahun 2024 mencapai Rp 10 Miliar. Sebenarnya banyak proposal yang masuk kepada Pemerintah, namun kondisi keuangan kota lagi sulit maka kami harus memprioritaskan mana yang urgent," ungkapnya.

Bantuan pemerintah untuk pembangunan rumah ibadah ini menurut Septinus Lobat, tak hanya diberikan bagi gereja namun juga bagi rumah ibadah agama lainnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Gereja GKI Elim Malanu, Menase Paa, menjelaskan bahwa proses pembangunan gereja GKI Elim Malanu sudah berjalan sejak tahun 2016, dan tentunya telah mendapat bantuan dari berbagai pihak. Saat ini menurut Manase progres pembangunan sudah mencapai 85 persen dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2024 ini. 

"Puji Tuhan, Syukur Kepada Yesus sebab gereja Elim Malanu yang dibangun 2016 akan rampung. Tentu tidak lepas dari sukarela jemaat-jemaat, pemerintahan Provinsi yang dulu masih Papua Barat, pemerintah Kota Sorong dan pemerintah Kabupaten Sorong,"ungkapnya.

Dalam rencana pembangunan gereja GKI Elim Malanu menurut Manase dapat menampung 1.000 jemaat dan dana yang dibutuhkan sebesar Rp 3 Miliar. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network