Breaking News! Kapal Berpenumpang 41 Orang Meledak dan Hilang Kontak di Perairan Raja Ampat

Chanry Suripatty
Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Sorong mengerahkan satu kapal SAR KN Baladewa untuk mendukung operasi pencarian kapal ikan KM Dewa Samudra III yang dilaporkan hilang kontak di perairan Raja Ampat (FOTO: iNewsSorong.id - Humas BASARNAS Sorong)

SORONG, iNewsSorong.id - Sebuah kapal penangkap ikan KM Dewata Samudra III yang membawa 41 orang penumpang berikut awak kapal, dilaporkan hilang kontak di perairan pulau Fani, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, Sabtu (12/8/2023). 

Kapal naas tersebut dilaporkan berangkat dari pelabuhan Bitung dengan tujuan kabupaten Supiori pada tanggal 7 Agustus 2023 sekitar pukul 16.00 WITA.

Dari informasi yang didapatkan Redaksi iNewsSorong.id, kapal tersebut sebelum hilang kontak dikabarkan mengalami ledakan dan terbakar di perairan pulau Fani. 

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong Amiruddin A.S kepada wartawan di Kota Sorong, Senin (14/8/2023), pihaknya setelah mendapatkan laporan, langsung mengerahkan Tim untuk melakukan operasi pencarian terhadap kapal tersebut yang membawa 41 orang penumpang dan awak kapal. 

"Kami mendapat informasi hari ini, Senin (14/8/2023) pada pukul 13.10 WIT bahwa kapal tersebut mengalami hilang kontak. Setelah mendapatkan informasi tersebut, kemudian kami mengirimkan email melalui e-Brokes dengan bantuan Basarnas Comment Center untuk mencari tahu tentang posisi terakhir kapal tersebut," ungkap Amiruddin, Senin Sore tadi. 

Lebih lanjut Amiruddin mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari Basarnas Comment Center bahwa ada kapal asing yang melihat kapal tersebut. 

"Informasi yang kami dapatkan, kapal tersebut mengalami kebakaran yang diduga kemungkinan kapal itu meledak dan memunculkan asap. Dimana kapal tersebut merupakan kapal ikan yang memiliki freezer, kemungkinan ada kebocoran freon atau apa saya belum tahu," ujarnya. 

Kapal tersebut, lanjut Amiruddin menjelaskan, menuju Perairan Utara Pulau Sopiori untuk mencari ikan. Kapal ini mengalami lost contact di Perairan Utara Timur Laut Pulau Fani, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, pada Koordinat 1° 46' 10,85" N - 131° 37' 40,87" E. 

"Berdasarkan data tersebut maka pada hari ini pukul 16.10 WIT, kami langsung memberangkatkan KN SAR Baladewa dengan 15 orang personel. Adapun jarak dari Kantor SAR Sorong menuju lokasi yaitu sekitar 172 Notical Mail. Sehingga estimasi tiba kami ke TKP besok tanggal 15 Agustus 2023 pukul 04.00 WIT, itupun jika cuaca normal," bebernya. 

Lanjut Amiruddin, berdasarkan informasi yang diterima jumlah orang didalam kapal KM Dewata Samudra III sebanyak 41 orang.  

"Didalam kapal tersebut terdapat 41 orang. Kapal KM Dewata Samudra III yang dinyatakan hilang merupakan kapal ikan berbendera Indonesia, warna merah hijau dengan panjang 26,65 meter, lebar 8,4 meter dan GT 196," tandasnya. 

Editor : Sayied Syech Boften

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network