get app
inews
Aa Read Next : DPRK Raja Ampat Kembali Tegaskan, Pedagang Segera Gunakan Pasar Snonbukor

Sempat Hilang Saat Memancing, Remaja Raja Ampat ditemukan di Perairan Filipina

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 10:42 WIB
header img
Penghubung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao City di Filipina, Josaphat Layang. (FOTO : iNewsSorong.id - IST)

 


SORONG, iNewsSorong.id – Edison Fergos  Burdam, remaja 17 tahun asal kampung Supnin, Kabupaten Raja Ampat yang sempat dilaporkan hilang saat memancing pada 16 Agustus 2024 lalu, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat. 

Edison ditemukan di perairan Filipina oleh awak kapal ikan Mama Laudes 3 pada 20 Agustus 2024. Saat kapal tersebut akan mencari ikan. 

Josapath Layang, selaku penghubung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao City di Filipina dalam keterangan yang diterima Redaksi iNewsSorong.id mengungkapkan, Edison ditemukan dalam keadaan selamat oleh sebuah kapal ikan asal Filipina. 

Dari keterangan yang didapatkan dari Edison, dirinya mengaku , hanyut terbawa arus sejak tanggal 8 Agustus 2024 lalu. Edison terbawa arus hingga ke laut Filipina. 

“Benar ada seorang pemuda berkebangsaan Indonesia yang ditemukan oleh kapal ikan Filipina saat kapal tersebut baru keluar dari General Santos City,” ujar Josapath Layang dalam keterangan resmi yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Kamis (22/8/2024). 

Lebih lanjut Josapath mengatakan, Edison setelah ditemukan, langsung di evakuasi oleh awak kapal ikan Mama Laudes 3. 

" Edison berhasil ditemukan dan langsung di evakuasi oleh para awak ke atas kapal ikan tersebut. Kondisinya saat ini dalam keadaan sehat," ungkap Josapath. 

Dari informasi yang diterima pihak KJRI, menurut Josapath, diketahui kapal ikan tersebut baru saja keluar untuk menangkap ikan. Saat ini Edison sudah berada bersama  awak kapal.

" Kapal tersebut informasinya baru saja keluar untuk menangkap ikan. Edison saat ini sudah berada bersama-sama awak kapal diatas kapal ikan tersebut,"ujarnya. 

Lanjut Josapath, sesuai jadwal pelayaran, kapal tersebut baru akan kembali ke General Santos City Filipina pada bulan September mendatang. Namun tidak menutup kemungkinan dalam satu dua hari kedepan ada kapal ikan lain yang akan kembali ke general Santos City.

" Tidak menutup kemungkinan, Edison dititip saat ada kapal yang kembali usai melaut untuk diantar darat dan dibawa ke KJRI Davao City di Filipina," ujarnya. 

" Saat ini kami hanya bisa berkomunikasi dengan pihak kapal dengan menggunakan radio," ungkapnya.

Terkait telah ditemukannya Edison di perairan Filipina, Josapath menyampaikan pesan kepada pihak keluarga Edison bahwa kondisi Edison dalam keadaan sehat.

" Kami mendapat kabar dari awak kapal ikan Mama Laudes, bahwa saudara Edison Burdam dalam kondisi sehat walafiat. Kepada keluarga Edison di Raja Ampat untuk tetap tenang dan akan kami update kondisi Edison setiap saat," ujarnya. 

Pihak KJRI menurut Josaphat saat ini tengah mengupayakan agar Edison segera di evakuasi ke KJRI Davao City Filipina dan selanjutnya diberangkatkan ke Raja Ampat. 

“Semoga ada kapal dari laut yang menuju ke darat Edison bisa dititip di kapal itu dan tiba secepatnya di General Santos City. Berhubung saat ini kapal yang bersama Edison masih di laut yang jauh sehingga bisa berkomunikasi lewat radio. Intinya Edison dalam keadaan sehat,” tutup Josepath.

Sebelumnya pihak Basarnas Sorong menyampaikan laporan orang hilang kepada publik pada 16 Agustus 2024 lalu. Pihak Basarnas pun sempat melakukan pencarian terhadap remaja asal Pulau Supnin tersebut. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut