get app
inews
Aa Read Next : Memperkuat Gerakan Kemenangan Bersama Rakyat, Sekretariat Gabriel-Lukman di Sorong Didirikan

Satukan Persepsi Untuk Bangun Papua Barat Daya, ICAKAP Papua Gelar Rakernas ke IV di Kota Sorong

Selasa, 30 Juli 2024 | 22:48 WIB
header img
ICAKAP Papua gelar Rakernas ke IV di Kota Sorong, Papua Barat Daya. (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Ikatan Cendekiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IV yang berlangsung di Kota Sorong, 29-31 Juli 2024. 

Kegiatan Pembukaan Rakernas digelar di Hotel Rylich Panorama, Kota Sorong Papua Barat Daya diikuti berbagai organisasi, diantaranya, Pemuda Katolik, OMK, KMK, PMKRI hingga setiap Paroki di Papua, Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Ketua DPD ICAKAP PBD sekaligus Ketua Panitia Rakernas, Paulinho Tawer, kepada media menjelaskan selain menyusun strategi Rakernas juga bertujuan menyatukan langkah seluruh komponen umat katolik Papua.

“Rakernas ini merupakan amanat konsolidasi organisasi yang didalamnya wajib menyatukan presepsi agar kita mampu menghadapi setiap tantangan, lebih khusus menyangkut pelestarian hutan dan pembelaan kepentingan masyarakat,” ungkap Paulinho Tawer.

Lebih lanjut Paulinho mengatakan, semua isu-isu akan dibahas bersama para pakar-pakar ahli kemudian dirumuskan, setelah itu disampaikan kepada lima uskup di tanah Papua. 

"Tujuan kami juga agar pemuda katolik dapat menghindari penyebaran informasi yang tidak akurat, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ketika beredar kabar mengenai dukungan Uskup Agung kepada pihak tertentu di Papua Barat," terangnya. 

Sementara itu, Ketua Umum ICAKAP Papua, Octoviaen Geraldus Bidana menegaskan bahwa salah satu isu utama yang dibahas adalah bagaimana menyatukan umat Katolik di Papua.

“Hal ini sangat penting mengingat semakin banyaknya pemekaran wilayah dalam beberapa tahun terakhir, sehingga perlu diperkuat supaya setiap aspirasi umat Katolik dapat tersampaikan baik,” bebernya.

Dirinya menambahkan, kalau hasil Rakernas akan dirumuskan agar supaya menjadi rekomendasi untuk disampaikan kepada para pengambil kebijakan.

Dalam kegiatan Rakernas ini juga digelar Diskusi Publik yang menghadirkan para bakal calon (bacalon) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya diantaranya, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM. Elisa Kambu, S.Sos, Gabriel Asem, SE, M.Si, Dr. Drs. Bernard Sagrim, MM.

Selain Bacalon Gubernur, diskusi juga dihadiri bacalon wakil gubernur, Dr. Ir. Petrus Kasihiuw, MT.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut