get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran Saga Supermarket & Dept Store Sorpus Kota Sorong

Sempat Saling Serang, Begini Kronologi Bentrok antara Personel Pomal dan Brimob di Sorong  

Minggu, 14 April 2024 | 19:50 WIB
header img
Kota Sorong, Papua Barat Daya mencekam akibat bentrok antara sejumlah personel Pomal Lantamal XIV/Sorong dengan anggota Brimob Polda Papua Barat. Foto Ist

SORONG, iNewsSorongRaya.id - Bentrok antara sejumlah personel Polisi Militer TNI AL (Pomal) Lantamal XIV/Sorong dengan anggota Brimob Polda Papua Barat Batalyon B Sorong, Minggu (14/4/2024) pagi sekitar pukul 09.30 WIT membuat suasana Kota Sorong mencekam.

Karena sempat terjadi saling serang antara Pomal dan Brimob. Informasi yang diperoleh iNews kronologi bentrokan yang terjadi di Ruang tunggu Keberangkatan Kantor Pelindo IV Sorong  Jalan Yos Sudarso Kelurahan Kampung Baru, Distrik Sorong Kota diduga akibat salah paham antara oknum anggota Brimob dan Pomal TNI AL di Pelabuhan Laut Sorong. 

Bentrok dipicu karena anggota Pomal Lantamal IV/Sorong yang menegur Anggota Brimob Polda Papua Barat karena keluar masuk ruang tunggu pelabuhan sambil membawa penumpang tanpa tiket saat Kapal KM Sinabung bersandar di Pelabuhan Laut Sorong.

Setelah anggota brimob menaikkan keluarganya mereka meminta izin kembali namun ditegur oleh anggota Pomal yang berjaga dan akhirnya terjadi salah paham dan anggota Pomal memukul anggota Brimob dan setelah itu terjadi baku hantam di area ruang keberangkatan. 

Setelah itu anggota Brimob menghubungi teman temannyanya untuk datang ke pelabuhan, tidak lama kemudian beberapa anggota Brimob sekitar 10-15 orang datang dan mencoba masuk ke dalam terminal penumpang. 

Setelah masuk  akhirnya terjadi perkelahian antara anggota Brimob dgn anggota TNI AL, dan saat itu anģgota Polsek Pelabuhan sdh tidak mampu melerai akhirnya anggota mundur.

Tidak lama setelah kejadian, Dir Polair, Danyon Marinir, Danyon B Brimob, Danden pomal Lantamal, KSOP dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong jg lsg tiba di pelabuhan sorong untuk menenangkan keadaan. 

Namun pada saat situasi sudah tenang, tiba-tiba ada anggota Samapta yang dikeroyok oleh anggota TNI AL, dan pada saat anggota Polri mau melerai tiba-tiba anggota TNI AL langsung melakukan pemukulan terhadap anggota Polri yang ada di sekitar depan pintu terminal penumpang yangg mengakibatkan banyak anggota Polri menjadi korban dan mengalami luka-luka di kepala.


Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar membenarkan adanya bentrok antara personel Pomal dengan Brimob di Ruang tunggu Keberangkatan Kantor Pelindo IV Sorong. 

"Ya memang ada 5 anggota baik dari TNI maupun kepolisian yang terluka akibat insiden tersebut. Saat ini situasi sudah kondusif dan antar kesatuan sudah didamaikan oleh pimpinannya masing masing," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar.  
 
Sementara Kabag Ops Polresta Sorong Kota Kompol Indra Gunawan mengaku peristiwa tersebut dipicu adanya salah paham antara anggota dilapangan. 

“Kejadian ini dipicu kesalahpahaman saja antara anggota Pomal yang berjaga dengan anggota Brimob,”ungkap Kompol Indra di Mapolresta Sorong Kota. 

Lanjut Kompol Indra atas peristiwa tersebut dua personil Polresta Sorong Kota mengalami luka-luka. 

"Untuk korban sudah kami  inventarisir, kedua korban masing-masing Aipda Darwin mengalami luka serius sudah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Maleo. Dan satu anggota Polsek KP3 laut juga sudah mendapat perawatan di Rumah Sakit Pertamina Sorong," tegasnya. 

Kompol Indra mengungkapkan terkait situasi saat ini dari pimpinan kedua belah pihak masih sama-sama meredam situasi dan anggota diminta untuk menahan diri. 

"Untuk situasi belum bisa memberikan konfirmasi. Untuk saat ini masih redam kita sama-sama dari unsur-unsur pimpinan sama-sama untuk menjaga  anggotanya," ungkapnya. 

"Anggota masing-masing untuk sama-sama menahan diri untuk sama-sama untuk menjaga situasi ini lebih maksudnya tetap aman," tambah Kompol Indra Gunawan. 

Sementara itu dari informasi yang didapatkan iNewsSorong.id hingga saat ini para petinggi Polri dan TNI AL masih melakukan pertemuan di Mapolresta Sorong Kota untuk meredam adanya aksi balas dendam dari kedua satuan.
  
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut