get app
inews
Aa Read Next : KKB Tebar Teror, Serang Gereja di Pegunungan Bintang Saat Jemaat Beribadah

Kekerasan Seksual dan KDRT, Tidak Perlu Galau Ada UU TPKS Jamin Rasa Keadilan bagi Korban

Selasa, 24 Oktober 2023 | 14:14 WIB
header img
Kampanye penolakan kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Foto: Dok

JAKARTA, iNewsSorongRaya.id - Kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menjadi hal menakutkan bagi kalangan perempuan

Kasus-kasus kekerasan seksual dan KDRT bukan hanya terjadi di kota-kota besar saja tetapi juga di daerah bahkan hingga pelosok.

Nah, dalam konteks ini pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam upaya menghapus kekerasan seksual di tanah air.

Dengan disahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS), diharapkan penanganan kasus kekerasan seksual dapat dilakukan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Undang-Undang TPKS yang disahkan pada tanggal 9 Mei 2022 juga mencerminkan tekad pemerintah Indonesia untuk mengeliminasi segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. Upaya penghapusan diskriminasi ini merupakan tindak lanjut dari ratifikasi Indonesia terhadap Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan atau Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination against Women (CEDAW). Saat ini, Indonesia telah meratifikasi konvensi tersebut selama 39 tahun.

Meskipun terdapat perkembangan hukum yang signifikan dalam upaya menghapus diskriminasi terhadap perempuan, kenyataan di lapangan belum selalu mencerminkan hal tersebut. Diskriminasi terhadap perempuan masih sering terjadi di berbagai bidang, dan tindakan kekerasan terhadap perempuan terus berlanjut, baik di ruang pribadi maupun di ranah publik. Kekerasan seksual pun seringkali terjadi tanpa memandang tempat dan waktu.

Bahkan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), yang sebelumnya kurang dikenal, sekarang terkadang terjadi secara terbuka dan diketahui oleh tetangga. Perempuan yang menjadi korban kekerasan menghadapi tantangan yang besar dalam mencari keadilan atas tindak kejahatan yang menimpa mereka.

Beberapa penegak hukum masih memiliki sikap diskriminatif terhadap perempuan yang terlibat dalam proses hukum. Oleh karena itu, diskriminasi terhadap perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual harus segera diakhiri.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong, semua pihak seharusnya berupaya mencegah kekerasan seksual terhadap perempuan. Namun, jika kekerasan tersebut tetap terjadi, pemerintah telah berkomitmen untuk menyediakan rasa keadilan dan perlindungan bagi para korban kekerasan seksual.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut