get app
inews
Aa Read Next : Sempat Delay 2 Jam, Rombongan Wapres RI Tiba Dengan Selamat di Kota Sorong Disambut Tarian Papua

Provinsi Papua Barat raih penghargaan Kategori TP2DD Sebagai Provinsi terbaik I NUSAMAPUA

Selasa, 03 Oktober 2023 | 21:19 WIB
header img
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2023, yang berlangsung di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Selasa (3/10/2023). (FOTO: Biro Pers Istana)

JAKARTA, iNewsSorong.id – Provinsi Papua Barat meraih penghargaan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) sebagai provinsi terbaik I Wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua (NUSAMAPUA) Tahun 2023. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2023 yang dipimpin Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. 

Tak hanya Provinsi Papua Barat, namun juga Kabupaten Manokwari juga turut meraih penghargaan yang sama untuk kategori kabupaten terbaik I Wilayah NUSAMAPUA. 

Penghargaan tersebut diberikan saat berlangsung Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2023, yang berlangsung di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Selasa (3/10/2023). 

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni “Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju”. 

Dari informasi yang didapatkan iNewsSorong.id, Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw berhalangan hadir untuk menerima penghargaan karena sementara memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi  Papua Barat dan Papua Barat Daya , yang dihadiri Kemenko PMK, Kemenkes, Kemenko PKM, Kemen PUPR, Kemendagri. 

Walau demikian Gubernur Waterpauw menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari pimpinan bagi Pemerintah Papua Barat atas kerja keras yang telah dilakukan. 

"Puji syukur Papua Barat juara wakili NUSAMAPUA bersama Kabupaten Manokwari. Terima kasih atas penghargaan pimpinan untuk kerja yang kami lakukan,” ucapnya di Manokwari, Selasa (3/10/2023).

Sementara itu seperti dilansir dari laman website Kementerian Perekonimian RI, Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin dalam rapat koordinasi nasional tersebut memberikan sejumlah arahan strategis untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi di kisaran 6-7% dalam rangka menjaga momentum Indonesia Maju. Dan juga untuk mengakselerasi digitalisasi transaksi Pemda dan mendukung akuntabilitas keuangan daerah. 

" Mendorong Pemda untuk menetapkan regulasi pendukung pasca penetapan UU 1/2022 dan regulasi terkait penguatan P2DD. Selain itu juga mendorong Inovasi dan Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) serta belanja daerah," ungkap Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

Selain itu Wapres juga mendorong agar pemerintah daerah mengoptimalisasi  Pemanfaatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Satelit Satria untuk mendukung peningkatan jaringan. 

Tak hanya itu, Wapres juga meminta jajaran Pemerintah daerah untuk memperkuat Ekosistem Digital Bank Pembangunan Daerah dalam mendorong digitalisasi transaksi Pemda dan 
Kelima, adalah memperkuat Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan dan transaksi Pemda.

Arahan Wakil Presiden RI tersebut akan menjadi bahasan tindak lanjut dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) dalam tahapan P2DD berikutnya.

Rakornas P2DD merupakan forum tertinggi antara pimpinan Kementerian/Lembaga anggota Satgas P2DD dan seluruh Kepala Daerah selaku Ketua TP2DD untuk sinkronisasi kebijakan strategis di level pusat dan daerah. 

Rakornas P2DD tahun kedua ini bertema “Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju", diselenggarakan secara luring di Jakarta (3/10/2023). Perhelatan dihadiri Menko Perekonomian sekaligus Ketua Pengarah Satgas P2DD, Airlangga Hartarto; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; Mewakili Mendagri, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa; Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi; dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

Berikut daftar penerima penghargaan TP2DD 2023:

TP2DD Provinsi Terbaik 2023: Riau (Sumatera), DKI Jakarta (Jawa – Bali), Kalimantan Barat (Kalimantan), Sulawesi Selatan (Sulawesi), dan Papua Barat (Nusamapua).

TP2DD Kota Terbaik 2023 : Kota Tebing Tinggi (Sumatera), Kota Bogor (Jawa – Bali), Kota Tarakan (Kalimantan), Kota Makassar (Sulawesi) dan Kota Jayapura (Nusamapua)

TP2DD Kabupaten Terbaik 2023 :  Kabupaten Kampar (Sumatera), Kabupaten Ciamis (Jawa – Bali), Kabupaten Kutai Kertanegara (Kalimantan), Kabupaten Bone Bolango (Sulawesi) dan Kabupaten Manokwari (Nusamapua).

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut