get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide Berhasil Ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz

Ini Peran ALTAU, Anggota KKB Pimpinan Egianus Kogoya Yang Ditangkap Tim Satgas Ops Damai Cartenz

Kamis, 21 September 2023 | 17:36 WIB
header img
Anggota KKB dari kelompok KKB Ndugama pimpinan Egianus Kogoya yang diamankan Satgas Ops Damai Cartenz 2023 di Kabupaten Nabire. (FOTO : ISTIMEWA)

NABIRE, iNewsSorong.id - Tim Satgas Ops Damai-2023 berhasil menangkap 1 anggota KKB inisial “E.T” alias “L.D” alias “ALTAU” (27), yang merupakan bagian dari kelompok KKB Ndugama pimpinan Egianus Kogoya di area RSUD Nabire pada selasa 19 september 2023 lalu.

Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H., selaku Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Tim nya telah berhasil melakukan penangkapan terhadap 1 anggota KKB dari kelompok Egianus Kogoya di Nabire Papua Tengah atasnama ALTAU (27).

Kombes Faizal mengungkapkan, berdasarkan hasil pemerikaan terhadap “E.T” alias “L.D” alias “ALTAU” (27),  diperoleh keterangan bahwa ia terlibat dalam beberapa aksi penyerangan bersama Egianus Kogoya.

“ Dimana hasil pemeriksaan terhadap yang bersangkutan terungkap bahwa, pada tanggal 17 Maret 2019, penyerangan terhadap anggota TNI di Kindibam dan berhasil merampas 2 pucuk Senpi (Senjata api) (laras) panjang milik TNI. Pada tanggal 16 Juli 2022, penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolaid dan Kampung Yosoma. Kenyam yang mengakibatkan 11 masyarakat Meninggal Dunia dan 2 Luka-luka,”ungkap Faizal

Tak hanya itu, ALTAU juga terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan dan teror lainnya di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

“ Pada tanggal 19 Juli 2022, kontak tembak dengan aparat keamanan di kampung  Nogolaid Distrik Kenyam. Pada 6 Januari 2023 terlibat aksi penembakan/penyerangan terhadap Pos Kotis Brimob Satgas Damai Cartenz di Koteka,”jelas Faizal.

Selain itu menurut Faizal, terungkap peran ALTAU lainnya yakni melakukan kekerasan terhadap masyarakat dan pembakaran terhadap aset perusahaan beberapa waktu lalu.

“ Pada tanggal 25 Juli 2022, terlibat dalam penghadangan masyarakat dan merampas HP di Jalan Poros Kenyam – Batas Batu, Distrik Kerepkuri. Pada tanggal 4 Agustus 2022, terlibat dalam pembakaran alat berat milik PT. Tunas Jaya Irian yang mengakibatkan 4 Alat Berat rusak,”bebernya.

Sementara itu,  Kasatgas Humas AKBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Satgas Damai Cartenz akan terus melakukan upaya pengembangan dan penegakan hukum terhadap kelompok KKB.

"Kami akan terus melakukan upaya pengejaran, penangkapan dan penegakan hukum terhadap KKB demi terjaganya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua" pungkas Bayu.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut