get app
inews
Aa Read Next : Tepis Isu Soal Rekomendasi Partai Golkar, Septinus Lobat Nyatakan Sikap Siap Maju Pilkada Wali Kota

Ini Penjelasan Pj Gubernur PBD Terkait Pergantian Pj Wali Kota Sorong

Senin, 21 Agustus 2023 | 23:23 WIB
header img
Asisten I Setda Provinsi Papua Barat Daya, Septinus Lobat dipastikan menduduki jabatan sebagai Pj Wali Kota Sorong menggantikan George Yarangga yang masa jabatannya tidak lagi diperpanjang oleh Pemerintah Pusat (FOTO : IST)

PULAU FANI, iNewsSorong.id - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Mohamad Musa'ad angkat bicara terkait tidak diperpanjangnya masa jabatan Pj Wali Kota Sorong George Yarangga yang habis masa jabatannya pada 22 Agustus 2023 besok. 

Jabatan yang ditinggalkan George Yarangga akan digantikan oleh Septinus Lobat. Septinus sendiri merupakan putera asli suku Moi yang saat ini dipercaya menjabat Asisten I Setda Provinsi Papua Barat Daya. 

Menurut Musa'ad pergantian George Yarangga kepada Septinus Lobat adalah murni merupakan penilaian dari pemerintah pusat. 

Menurutnya, sebagai Pj Gubernur,  dirinya hanya mengusulkan nama-nama sesuai aturan dan permintaan dari pihak Kementerian Dalam Negeri.

"Kan kita sudah usulkan ke pusat, dan di sana mereka punya sistem penilaian tersendiri tugas saya hanya usul tiga nama dan di Jakarat punya format penilaian," ungkap Musa'ad usai pembentangan bendera merah putih berukuran 78 Meter di Pulau Fani, Raja Ampat Senin (21/8/2023).

Musa’ad menjelaskan, penilaian tidak dilakukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saja tetapi ada juga Tim Penilai Akhir (TPA) yang langsung dipimpin Presiden.

Nama-nama itu, tambahnya ada banyak pihak dan tidak hanya Kemendagri saja tapi Kementerian lembaga lain juga terlibat menilai.

"Jadi tidak hanya Kemendagri saja tapi ada Kementerian lembaga lain yang ikut menilai dan pilihan jatuh ke situ. Tugas saya kalau sudah ada SK maka saya akan lakukan pelantikan," pungkas dia. 

Diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohamad Musa'ad dipastikan akan melantik Pj Wali Kota Sorong yang baru setelah adanya SK penetapan dari Kementerian Dalam Negeri. 

" Jadi benar tiga nama yang beredar itu sudah pasti menjadi Pj di tiga daerah bawaan Papua Barat Daya, yakni Kabupaten dan Kota Sorong serta Maybrat," kata Musa'ad usai membentangkan bendera Merah Putih di Pulau Fani, Distrik Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Senin (21/8/2023).

Musa'ad menambahkan, Pj Bupati Maybrat dan Kabupaten Sorong akan menerima surat keputusan (SK) perpanjangan pada 22 Agustus 2023 besok, sedangkan untuk Pj Wali Kota Sorong, Septinus Lobat akan dilantik pada 24 Agustus mendatang.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut