get app
inews
Aa Read Next : Kodam Cenderawasih Telusuri Kebenaran Video Viral Penyiksaan Warga Sipil di Papua

Dilaporkan Hilang Kontak Pesawat SAM Air Ditemukan Hancur di Pegunungan Papua

Jum'at, 23 Juni 2023 | 20:23 WIB
header img
Penampakan puing Pesawat jenis Cessna 208 Caravan 675 PK -SMW milik PT Semuwa Aviasi Mandiri atau pesawat SAM Air yang jatuh di wilayah pegunungan Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Jumat (23/6/2023).

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Musibah penerbangan kembali terjadi di wilayah pegunungan tengah Papua. Kali ini sebuah  pesawat jenis Cessna 208 Caravan 675 PK -SMW milik PT Semuwa Aviasi Mandiri atau pesawat SAM Air dilaporkan jatuh di wilayah pegunungan Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Jumat (23/6/2023). Pesawat tersebut sebelumnya dilaporkan hilang kontak dari radar pengawas penerbangan. 


Juru bicara Polda Papua, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H S.I.K M.Kom dalam keterangan persnya mengungkapkan awalnya pesawat yang dipiloti Hari Permadi dan Kopilot  Levi Murib membawa empat penumpang take off dari Bandara Elelim dengan tujuan Kampung Poik, Distrik Welarek, Kabupaten Yalimo.

" Pesawat tersebut take off dari Bandara Elelim sekitar pukul 11.10 WIT namun hingga sampai pukul 12.20 WIT, pesawat belum juga mendarat di Distrik Poik,”ungkap Kombes Pol Ignatius. 

Lebih lanjut Kombes Ingnatius mengatakan setelah mendapatkan informasi tersebut satu unit helikopter dikerahkan dari Bandara Wamena untuk mengecek informasi tersebut dimana setelah dilakukan pengecekan telah ditemukan puing -puing pesawat di lokasi yang berjarak 12 kilometer arah timur Bandara Elelim. Saat ditemukan dipastikan Pesawat dalam kondisi telah hancur.

“Pesawat jatuh 12 Km dari arah Bandar Udara Elelim menuju Poik Distrik Welarek Kabupaten Yalimo dan saat ini Kapolres Yalimo telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk upaya evakuasi pesawat SAM Air yang jatuh tersebut,”jelasnya.

Adapun untuk data empat penumpang pesawat sesuai manifest bernama Bartolomeus (34), Ebeth Halerohon (29), Dormina Halerohon (17) dan Kilimputni (20).

Rencananya Tim SAR gabungan akan melakukan proses evakuasi pada Sabtu (24/6/2023) besok dikarenakan alasan cuaca. 


Adapapun data pesawat dan penumpang serta crew sebagai berikut:

a. Operator : PT. Semuwa Aviasi Mandiri
b. Type : Cessna 208 Caravan
c. No. Regestrasi : PK-SMW
d. Capt Pilot : Hari Permadi
e. Crew : 2 orang
f. Pax : 4 orang
g. Rute : Djj-Mulia-Kobakma-Wmx-Elelim-Poik
h. No. FSC : 3194/Pam/0616/2023
i. Berlaku tanggal : 23 s.d 24 Juni 2023
j. Misi : Charter By PT. Semuwa Dirgantara
k. ATD Elelim : 10.53 WIT

1. Hari Permadi (Capt. Pilot)
2. Levi Murib (Co. Pilot)
3. Bartolonius (Penumpang)
4. Ebeth (Penumpang)
5. Dormina (Penumpang)
6. Kilimputni (Penumpang)

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut