get app
inews
Aa Read Next : Polisi Minta Warga Jayapura Tetap Tenang dan Tidak Terprovokasi Isu Menyesatkan

KKB Serang Rombongan Polisi di Kabupaten Kepulauan Yapen, Satu Warga Sipil Meninggal Dunia

Rabu, 14 Desember 2022 | 14:28 WIB
header img
Aparat Kepolisian melakukan parimeter pengamanan di lokasi penyerangan yang dilakukan oleh KKB di Distrik Angkaisera, Kabupaten Kep Yapen, Selasa (13/12/2022) (FOTO : iNewsSorong.id - HO Humas Polda Papua)

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksinya. Kali ini KKB melakukan  penembakan kepada aparat keamanan dari Polres Kepulauan Yapen saat akan membuka pemalangan jalan di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, Selasa (13/12/2022) sekitar pukul 12.20 WIT. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat ditemui di Ruang Media Center Bid Humas Polda Papua, Rabu pagi membenarkan kejadian itu.


Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mapolda Papua. (FOTO : iNewsSorong.id/ISTIMEWA)

 

"Iya benar kejadian itu terjadi pada Selasa siang, saat anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa terjadi pemalangan jalan di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen Utara Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Kombes Kamal.

Ia menjelaskan bahwa setelah anggota Polres Kepulauan Yapen menerima laporan itu, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen langsung mengumpulkan anggota untuk membuka dan membersihkan pemalangan jalan.

Sekitar pukul 12.20 WIT, anggota tiba di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera namun terhalang oleh 2 batang kayu yang dipasang di tengah jalan.


Aparat Kepolisian melakukan parimeter pengamanan di lokasi penyerangan yang dilakukan oleh KKB di Distrik Angkaisera, Kabupaten Kep Yapen, Selasa (13/12/2022) (FOTO : iNewsSorong.id - HO Humas Polda Papua)

 

" Pada saat hendak membuka palang tersebut KKB melakukan tembakan dari arah bukit kearah anggota yang berada di TKP, akhirnya terjadi kontak tembak, sembari anggota mencari posisi yang aman dan memperhatikan pelaku penembakan yang berada di ketinggian,"jelas Kamal.

Dikatakan Kamal  selain melakukan penembakan KKB juga melakukan penyerangan dengan melemparkan bom molotov ke arah aparat. 

Setelah kurang lebih 1 jam kontak tembak, anggota kemudian mencari signal untuk meminta bantuan ke Polres Kepulauan Yapen.

" Setelah bantuan tiba anggota kembali melakukan penyisiran di lokasi penembakan, namun pelaku penembakan telah meninggalkan lokasi kejadian," tuturnya.

Dalam kejadian itu, kata Kamal, Kelompok Kriminal Bersenjata melakukan pembakaran terhadap 2 Unit kendaraan milik Polres Kepulauan Yapen yang dibawa saat akan membersihkan lokasi pemalangan dan 1 Unit mobil mengalami rusak berat.


Kendaraan Polres Kepulauan Yapen yang dibakar KKB di Distrik Angkaisera, Selasa (13/12/2022). (FOTO: iNewsSorong.id-HO Humas Polda Papua)

 

Dalam kontak senjata tersebut menurut Kamal, seorang warga sipil atas nama Yeferson Sayuti meninggal dunia akibat tertembak dalam kontak senjata tersebut. Korban mengalami luka tembak pada bagian punggung. 

Korban bersama dua warga sipil lainnya Ikut dalam rombongan Polisi sebagai operator senso untuk memotong ranting pohon. Almarhum Yeferson telah di evakuasi ke RSUD Serui. 

" Korban tadi malam sudah dibawa oleh pihak keluarga untuk disemayamkan. Memang kontak tembak ini tidak bisa dipungkiri karena posisi mereka berada di ketinggian dan anggota sudah berupaya melakukan pembalasan dan mencari posisi yang menguntungkan. Alhamdulilah seluruh anggota selamat namun kami sayangkan dari rombongan itu ada yang meninggal,” ungkapnya.

Menurutnya, situasi saat ini di Kabupaten Kepulauan Yapen cukup kondusif, namun Kapolres dan seluruh anggota tetap melakukan kegiatan kegiatan preventif dan kasus kontak tembak ini sedang diselidiki oleh Polres Kepulauan Yapen

" Mudah-mudahan Yapen saat ini dan kedepan lebih kondusif, karena korban dari peristiwa tersebut merupakan warga asli Yapen,"pungkasnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut