get app
inews
Aa Read Next : Direktorat Polairud Polda Papua Musnahkan Ratusan Gram Ganja Hasil Penangkapan

Gaungkan Kemenangan Timnas Belanda, Ini Aksi Konvoi Laut Fans De Oranje di Jayapura

Sabtu, 03 Desember 2022 | 22:44 WIB
header img
Konvoi laut Fans Timnas Belanda di perairan teluk Humbolt Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

JAYAPURA KOTA, iNewsSorong.id - Fans Timnas Belanda di Kota Jayapura kembali melakukan aksi unik, yakni konvoi laut dengan menggunakan sejumlah boat di perairan Jayapura, Jum'at (2/12/2022).


Konvoi laut Fans Timnas Belanda di perairan teluk Humbolt Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

 

Dengan membawa sejumlah bendera Belanda serta atribut tim De Oranje, para fans fanatik asal tanah Papua ini melakukan aksi konvoi laut dimulai dari titik start, Dermaga Djasman, Berg En Dal (Argapura Bawah), dan mengelilingi Teluk Humbolt.


Konvoi laut Fans Timnas Belanda di perairan teluk Humbolt Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

 

Aksi konvoi laut para fans Timnas Belanda di perairan laut Jayapura ini sebagai bentuk dukungan dan kecintaannya serta apresiasi terhadap Tim De Oranje dalam menyemarakan keikutsertaan Belanda di Piala Dunia Qatar 2022 dan lolosnya Timnas kesayangan para Fans ini ke putaran 16 besar pada ajang bergengsi empat tahunan tersebut.


Konvoi laut Fans Timnas Belanda di perairan teluk Humbolt Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

 

Konvoi laut ini dilakukan para fans dan di ikuti langsung Head of International Strategy KNVB, Ilja Dijkstra yang sedang melakukan kunjungan perdananya ke tanah Papua, Kota Jayapura, Jumat (2/12/2022).

Aksi konvoi fans Timnas Belanda ini  diinisiasi dua komunitas Fans Club di Kota Jayapura, yakni Komunitas Berg En Dal Kota Jayapura bersama Papua Voor Holland.


Konvoi laut Fans Timnas Belanda di perairan teluk Humbolt Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

 

Ketua Komunitas Berg En Dal, Omty Hay mengatakan sebelum pertandingan Belanda di fase grup, anggota komunitasnya menyepakati akan melakukan konvoi di perairan laut Kota Jayapura.

Dikatakan Omty, konvoi kali ini merupakan konvoi kali kedua yang digelar bersama Komunitas Papua Voor Holland, Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda atau Koninklijke Nederlanse Voetbalbond (KNVB) dan Oranje Indonesia.


Ketua Komunitas Berg En Dal, Omty Hay berjabat tangan dengan Head of International Strategy KNVB, Ilja Dijkstra yang berkunjung ke Kota Jayapura, Papua, Jum'at (2/12/2022) (FOTO: ISTIMEWA)
 

" Jadi sebelum piala dunia, kami sempat diskusi mengenai ide konvoi di laut, pas sebelum Belanda bertanding dan disambut baik teman-teman komunitas," katanya.

Menurut Omty, konvoi di laut berbeda dengan di darat sehingga komunitasnya ingin menampilkan sesuatu yang unik.

" Alasannya kalau kami konvoi di darat mengganggu fasilitas umum, mengganggu pengguna jalan yang lain, jadi kami di laut saja dengan tetap mengutamakan keselamatan," terangnya.


Foto bersama fans Timnas Belanda di Jayapura (FOTO: ISTIMEWA)

 

Ditambahkan Omty pawai ketiga akan dilakukan pendukung timnas Belanda Jayapura jika tim berjuluk De Oranje tersebut berhasil lolos ke fase gugur 8 besar.

Langkah Timnas Belanda di Piala Dunia Qatar sendiri bukan hisapan jempol belaka. Mereka mampu lolos ke putaran 16 besar dalam pesta sepak bola dunia setiap empat tahunan tersebut.


Foto bersama fans Timnas Belanda dengan Head of International Strategy KNVB, Ilja Dijkstra yang sedang melakukan kunjungan perdananya ke tanah Papua, Kota Jayapura, Jumat (2/12/2022). (FOTO: ISTIMEWA)

 

Tim Oranje mengawali kampanye dengan menaklukkan Senegal 2-0. Mereka lalu terpeleset dengan ditahan Ekuador 1-1, sebelum memastikan tiket 16 besar Piala Dunia 2022 usai membungkam Qatar 2-0.

Belanda mengakhiri fase grup lewat torehan tujuh angka, unggul tiga satu poin atas pesaing terdekat Senegal. Dengan status ini, mereka dijadwalkan menghadapi runner-up Grup B Amerika Serikat di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Sabtu (3/12/2022) pukul 22.00 WIB.


Head of International Strategy KNVB, Ilja Dijkstra yang sedang melakukan kunjungan perdananya ke tanah Papua, Kota Jayapura, Jumat (2/12/2022). (FOTO : ISTIMEWA)

 

Van Gaal sudah menurunkan 18 dari 26 pemain yang dibawanya ke Qatar. Hanya lima yang selalu merumput dari tiga pertandingan, seluruhnya mengisi lini belakang. Mereka adalah Andries Noppert, Nathan Ake, Daley Blind, Virgil van Dijk, dan Denzel Dumfries.

Kondisi ini menunjukkan prioritas Van Gaal dalam mematenkan pertahanan di Piala Dunia. Setelah sukses meredam serangan lawan, baru dia menyerahkan tugas mencetak gol ke pemain sektor lain.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut