get app
inews
Aa Read Next : Pemilu Serentak Didepan Mata, Waket I MRP Papua Barat Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas di Masa Tenang

Jelang HUT OPM, Kabupaten Maybrat Dijaga Ketat Ratusan Personel TNI dan POLRI

Rabu, 30 November 2022 | 23:21 WIB
header img
Kapolres Maybrat AKBP Gleen Roy Molle saat memimpin apel gelar pasukan TNI - POLRI di Mapolres Maybrat (FOTO: iNewsSorong.id/OGES ANTOH)

MAYBRAT, iNewsSorong.id - Guna menjaga situasi Kamtibmas dan menjamin keamanan ditengah -tengah masyarakat menjelang HUT OPM tanggal 1 Desember 2022 besok. Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Maybrat. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi perubahan situasi saat tanggal 1 Desember 2022 besok. 

Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Mapolres Maybrat yang dipimpin langsung Kapolres Maybrat, AKBP Gleen Roy Molle, Rabu (30/11/2022). 

Kapolres Maybrat AKBP Gleen Roy Molle mengatakan, ada sekitar 250 personel gabungan TNI dan POLRI yang dikerahkan untuk mengantisipasi adanya perubahan situasi pada tanggal 1 Desember 2022 besok. 

" Personel yang disiapkan dari TNI dan Polri, diantaranya, Personel Polres Maybrat, Batalyon 136 Yudha Sakti dan Kodim Maybrat,serta Koramil Aifat,"ungkap Kapolres. 

Menurutnya personel gabungan TNI dan POLRI ini nantinya akan disebar di seluruh wilayah Kabupaten Maybrat yang dianggap sangat rawan akan gangguan Kamtibmas. 

" Personel akan kita sebar di beberapa titik wilayah yang dianggap rawan akan adanya dugaan potensi gangguan keamanan," ujarnya. 

Pihak keamanan menurut AKBP Gleen Roy Mole juga melakukan koordinasi dan komunikasi bersama tokoh adat, tokoh agama serta tokoh agama di wilayah Kabupaten Maybrat.

Dalam Kesempatan itu Kapolres AKBP Gleen Roy Molle dengan tegas mengatakan akan menindak tegas aksi-aksi mencurigakan yang mengarah kepada Disintegrasi Bangsa saat tanggal 1 Desember besok. 

" Apabila ada reaksi besok yang seandainya mencurigakan, seperti ibadah syukuran maupun pembagian Pamflet yang berbau separatisme, pihak Kepolisian langsung akan melakukan penangkapan maupun pembubaran paksa pada acara tersebut," tegas Mantan Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua Barat ini. 

Terkait situasi Kamtibmas pada tanggal 1 Desember 2022 besok, menurut AKBP Gleen, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada gangguan Kamtibmas.

" Situasi Kamtibmas hingga saat ini Kondusif yahz kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan aksi-aksi yang mengarah kepada gangguan keamanan pada tanggal 1 Desember besok. Masyakarat beraktivitas seperti biasa. Kami sebagai aparat keamanan atas nama Negara hadir untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah ini,"pungkasnya. 

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan z dilanjutkan dengan show of Force oleh aparat gabungan TNI Polri hal ini untuk menunjukkan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa aparat keamanan hadir untuk menjamin situasi Kamtibmas ditengah-tengah masyarakat tetap aman dan kondusif. 

Hingga saat ini, situasi kondisi Kamtibmas di Kabupaten Maybrat terlihat sangat aman dan kondusif. 

Namun pihak aparat Keamanan perlu mewaspadai dan mengantisipasi perubahan situasi yang tidak terduga seperti aksi pengibaran bendera bintang kejora yang diklaim oleh sebagian kelompok warga merupakan bendera Organsiasi Papua Merdeka (OPM), aksi pemalangan maupun aksi demonstrasi pada tanggal 1 Desember 2022 besok. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut