get app
inews
Aa Read Next : 2.500 Personel Gabungan TNI dan Polri Kawal Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri di Kota Sorong

Tidak Diberi Izin, Para Fans Bola Piala Dunia Tetap Konvoi di Kota Sorong

Minggu, 20 November 2022 | 13:49 WIB
header img
Fans Belanda saat melakukan konvoi gabungan bersama para fans Timnas Piala Dunia lainnya di Kota Sorong, Minggu (20/11/2022). Walaupun pihak Kepolisian tak memberikan izin konvoi namun antusiasme para fans Timnas Piala Dunia tetap melaksanakan aksi konvoi

SORONG, iNewsSorong.id - Meski tak berizin warga Kota Sorong tetap melakukan konvoi fans jelang pembukaan Piala Dunia di Qatar, Minggu (20/11/2022). Padahal sebelumnya Kapolres Sorong Kota, AKBP Johannes Kindangen menyatakan tidak menyetujui adanya permintaan dari beberapa para fans bola yang beberapa hari lalu sempat mendatangi Kantor Kepolisian Polres Sorong Kota guna meminta izin diadakannya konvoi pada, Minggu, (20/11/22) pukul 16:00 WIt (4 Sore).


Fans Brazil saat melakukan konvoi gabungan bersama para fans Timnas Piala Dunia lainnya di Kota Sorong, Minggu (20/11/2022). Walaupun pihak Kepolisian tak memberikan izin konvoi namun antusiasme para fans Timnas Piala Dunia tetap melaksanakan aksi konvoi (FOTO: iNewsSorong.id)

 

Pernyataan ini disampaikan oleh Waka Polres Sorong Kota, Kompol James Tegai, saat dimintai keterangan terkait dengan adanya informasi yang beredar bahwa pihak kepolisian telah menyetujui terlaksananya konvoi Piala Dunia 2022.

"Memang ada surat masuk dari para fans bola masing-masing dari keenam negara mereka ingin melakukan audiens dengan Kapolres terkait dengan pelaksanaan konvoi dihari minggu," ucap Waka Polres, saat diwawancarai beberapa media, Sabtu (19/11/22).

Namun lanjutnya, Kapolres tidak sempat menemui para fans bola tersebut dan mengutus Waka Polres untuk menemui mereka, setelah bertemu hasil dari pertemuan dilaporkan kepada Kapolres dan ternyata Kapolres tidak mengizinkan dilaksanakannya konvoi bahkan mengeluarkan surat izin sekalipun tidak.


Fans Spanyol saat melakukan konvoi gabungan bersama para fans Timnas Piala Dunia lainnya di Kota Sorong, Minggu (20/11/2022). Walaupun pihak Kepolisian tak memberikan izin konvoi namun antusiasme para fans Timnas Piala Dunia tetap melaksanakan aksi konvoi.
 

"Kami akan memberikan arahan untuk tidak melaksanakan konvoi fans-fans bola, saya laporkan juga ke Kapolres hasil diskusi kami sebab yang mempunyai kebijakan dan kewenangan untuk mengizinkan dan tidak ya itu Pimpinan," pungkasnya.

Jelasnya, apabila masih kedapatan para fans yang masih tetap melaksanakan konvoi pihak kepolisian akan menegur dengan himbauan agar masyarakat tidak melakukan konvoi sehingga situasi tetap humanislah.

"Nanti untuk pelaksanaan besok pokoknya secara teknis di lapangan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, personil akan tetap turun bersama-sama memastikan tidakada salah satu fans yang melakukan konvoi," tandasnya.

Terkait dengan isu yang beredar di media sosial bahwa Kapolres mengizinkan adanya konvoi bawasannya informasi tersebut tidak benar adanya (Hoaks). 

Pantauan lapangan warga tampak begitu antusias melakukan konvoi. Konvoi yang dilakukan ternyata bukan hanya dari satu fans saja. Tampak yang melakukan konvoi fans tim Belanda, Brazil, Jerman, Argentina, Spanyol, dan Prancis.

Dari kota Sorong, para fans melaju hingga ke wilayah Aimas, Kabupaten Sorong. Dimana dari pantauan iNewsSorong.id aksi konvoi tersebut berjalan tertib. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut