get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide Berhasil Ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz

KKB Bocor Sobolim Kembali Berulah, Satu Pekerja Tambang di Pegunungan Bintang Dibunuh

Senin, 07 November 2022 | 00:01 WIB
header img
Proses evakuasi jenazah korban penyerangan sadis oleh KKB di kamp penambang emas, kampung Kawe, Distrik Awimbon Kabupaten Pegunungan Bintang Papua. (FOTO : iNewsSorong.id/HO - Humas Polda Papua)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Pihak Kepolisian Polda Papua berhasil mengidentifikasi pelaku penyerangan dan pembakaran Kamp Penambang Emas di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (5/11/2022) sekitar pukul 18.00 WIT kemarin. Dalam serangan itu, seorang pekerja tambang tewas dibunuh oleh pelaku penyerangan. 

Juru Bicara Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, para pelaku penyerangan dan pembakaran Kamp penambang disertai pembunuhan terhadap salah seorang pekerja tambang berhasil diidentifikasi oleh pihak Kepolisian dimana mereka adalah KKB, kelompok Bocor Sobolim yang berasal dari Kabupaten Yahukimo yang mana lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya di mana salah satu pekerja pernah di bantai (dipenggal kepalanya) oleh kelompok tersebut. 

“Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo, dan lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya yang mana salah satu penambang dipenggal kepalanya,” ungkap Kombes Kamal.

Menurut Kombes Kamal, peristiwa tragis tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIT. Dimana salah seorang pekerja tambang bernama Rolmo Aldus Tuenoa (29). meninggal dunia. 

“Korban mengalami luka sabetan sajam pada pergelangan tangan hingga putus dan menyebabkan korban kehabisan darah,” jelas Kombes Kamal.

Korban meninggal dunia menurut Kombes Kamal saat ini telah di evakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

"Saat ini korban dan saksi-saksi di evakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, selanjutnya para saksi akan dimintai keterangan," ujar Kombes Kamal. 

Pasca insiden berdarah itu, menurut Kombes Kamal, situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif. 

“Situasi di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” pungkasnya.


Bocor Sobolim KKB Sadis

Sebelumnya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Bocor Sobolim pernah melakukan aksi pembunuhan sadis terhadap seorang pekerja tambang emas Ilegal bernama Azis di lokasi penambangan di Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Rabu (20/8/2022). Azis dibunuh dengan sadis dimana pelaku memenggal kepala korban. 

Pihak Kepolisian yang melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut mengantongi identitas pelaku pembunuhan terhadap pekerja tambang emas Ilegal tersebut. 

Dimana dari hasil penyelidikan polisi, aksi keji pemenggalan kepala salah seorang pekerja tambang emas tersebut dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kabupaten Yahukimo.

"Pelakunya adalah KKB Yahukimo pimpinan Elkius Kobak. Pelaku pembunuhannya Bocor Sobolim," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Kamis (21/7/2022). 

Bocor Sobolim sempat memvideokan aksi kejinya dengan memegang kepala korban yang telah dipenggal.  Aksi keji Bocor Sobolim sempat membuat geger warga Indonesia dimana video yang berisi pernyataan Bocor Sobolim sempat beredar luas dikalangan masyarakat. 

Pihak Kepolisian Polda Papua memasukan Bocor Sobolim sebagai pelaku pembunuhan sadis yang paling dicari Polisi. 

Hingga saat ini, Bocor Sobolim bersama sejumlah anak buahnya masih terus diburu oleh pihak aparat keamanan di wilayah itu. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut