get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Satwa Liar Dilindungi Diamankan Polisi, BKSDA Provinsi PBD Apresiasi Kinerja PolAirud

Dukung Pencapaian ESG, Kilang Pertamina Internasional Gandeng BBKSDA Lestarikan Satwa Endemik Papua

Kamis, 27 Oktober 2022 | 21:05 WIB
header img
Persiapan pelepasliaran Satwa Endemik Papua di di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, Kamis, (28/10/2022). (Foto: Tantowi/iNewsSorong.id)

SORONG, iNewsSorong.id - Sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan parameter-parameter Environmental Social Governance (ESG) terkait pelestarian keragaman hayati, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Kasim menjalin kerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA),  dalam pelestarian satwa endemikPapua Barat.


Panglima Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah (kanan) dan General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VII Kasim Yusuf Mansur (kiri)) sebelum pelepasliaran satwa di Taman Wisata Alam Kota Sorong, Papua Barat. (Foto: Tantowi)

 

Pelestarian satwa endemik, ditandai dengan pelepasliaran 83 burung terdiri dari Kakatua Jambul Kuning, Nuri Kepala Hitam, Nuri Ara Dada Jingga, oleh  General Manager Refinery Unit VII Kasim, Yusuf Mansyur,  Kepala BBKSDA Johny Santoso,  S.Hut, M.agr  dan Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, Kamis, (28/10/2022).

Kerja sama antara PT KPI Kilang Kasim dengan BBKSDA, sudah terjalin sejak tahun 2018, melalui Perjanjian Kerja Sama untuk melestarikan satwa endemik secara insitu dan eksitu.

Program insitu diwujudkan dengan pelestarian satwa  dengan status  langka dan dilindungi,di kawasan Taman Wisata Alam (TWA),  Sorong, Papua Barat. TWA merupakan kawasan hutan alami seluas 900 hektar, yang menjadi salah satu pusat konservasi flora dan fauna.


Panglima Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah (tengah) dan General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VII Kasim Yusuf Mansur (kiri)) sebelum pelepasliaran satwa di Taman Wisata Alam Kota Sorong, Papua Barat. (Foto: Tantowi)

 

Untuk menunjang program insitu, tahun ini PT KPI memberikan dukungan dana  pembangunan infrastruktur penunjang konservasi, senilai Rp 500 juta untuk revitalisasi klinik karantina satwa,  pengadaan alat pendukung pelepasliaran, alat pengamatan satwa, serta dukungan operasional klinik, dan rekrutmen dokter karantina hewan.

Sebelumnya PT KPI juga membantu pembangunan  klinik satwa (September 2021), kandang karantina  dan kandang penyelamatan satwa (Juni 2022).


Foto bersama Panglima Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah (tengah), General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VII Kasim Yusuf Mansur (kiri) dan pihak BKSDA Papua Barat sebelum pelepasliaran Satwa Endemik Papua (Foto : Tantowi/iNewsSorong.id)
 
 
Infrastrktur tersebut merupakan bagian dari rantai konservasi satwa endemik yang dikembalikan masyarakat ke BBKSDA, karena dipelihara secara illegal.

Johny menyatakan pemeliharaan satwa endemik Papua Barat oleh masyarakat secara illegal, perlahan mulai berkurang, karena BBKSDA rutin memberikan edukasi. 

Sebelum satwa dilepasliarkan,  diperlukan beberapa _treatment_  khusus  yakni habituasi atau transit sebelum dilepasliarkan, yang ditunjang dengan sarpras penunjang kegiatan konservasi, seperti klinik, kandang karantina, dll.


Foto bersama Panglima Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VII Kasim Yusuf Mansur dan Bksda Papua Barat sebelum pelepasliaran satwa endemik Papua.(Foto: Tantowi/iNewsSorong.id)
 
 

"Bantuan PT Kilang Pertamina Internasional ini sangat membantu kita dalam upaya konservasi, perawatan dan kegiatan pelepasliaran. Di sisi lain kami juga mendukung konservasi eksitu yakni menempatkan satwa di lingkungan Kilang Kasim yakni burung Mambruk dan Rusa untuk dilestarikan di luar habitatnya," kata Johny.

Johny berharap kerja sama ini sebagai penguatan antar lembaga yang bersinergi dalam upaya konservasi satwa  endemik Papua Barat. Saat ini BBKSDA Provinsi Papua Barat mengelola 28 kawasan konservasi diatas 1,7 juta hektar lahan yang tersebar di 13 kota dan kabupaten.

"Kami berterima kasih atas dukungan selama ini dari semua pihak, karena konservasi satwa endemik tidak bisa dilakukan sendiri dan menjadi tanggung jawab kita semua umat di muka bumi," kata Johny.

Sementara itu General Manager Refinery Unit VII Kasim Yusuf Mansyur menyatakan bantuan yang diwujudkan melalui program tanggung jawab sosial tersebut sejalan dengan kebijakan keberlanjutan perusahaan, dimana dalam menjalankan operasinya  turut memperhatikan salah satu aspek ESG bidang lingkungan,  mendukung pelestarian keragaman hayati.

"Langkah ini juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs)  ke-15 yaitu Ekosistem Daratan, dimana secara spesifik kegiatan tersebut sebagai upaya menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati, dimana rata-rata per bulan BBKSDA melepasliarkan 150 satwa endemik,"pungkas Yusuf.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut