get app
inews
Aa Read Next : Kodam Cenderawasih Telusuri Kebenaran Video Viral Penyiksaan Warga Sipil di Papua

Ini Kesan Duta-duta Masyarakat Adat Nusantara saat Tiba di Tanah Tabi Kota Jayapura

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 14:15 WIB
header img
Ketua Tim Penyambutan yang juga Kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Jhon Wiklif saat menyambut delegasi Sulawesi Utara di pelabuhan laut Jayapura, Kamis (20/10/2022) ( Foto : NEESMA)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Duta-duta  Masyarakat Adat Nusantara mengaku kagum dengan sikap ramah masyarkat Papua saat menerima Peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI dari lima Provins yang tiba menggunakan KM Gunung Dempo di Tanah Tabi Kota Jayapura, Kamis (20/10/2022). 


Kontingen Sulawesi Utara dengan atribut adat khas masyarakat Sulawesi Utara saat tiba di pelabuhan laut Jayapura, Kamis (20/10/2022) (Foto CHANRY ANDREW)

 

 

Total 298 dari 468 peserta yang tiba dengan menggunakan sarana transportasi kapal laut di kota Jayapura tersebut terpesona dengan suasana kekeluargaan yang hadir saat penjemputan peserta kongres. 

Yesaya Banari Ketua Dewan Adat Maluku Utara mengaku bangga saat pertama kali mengingjakan kaki di Tanah papua terutama di Kota Jayapura yang merupakan Tanah Tabi, karena penyambutan yang di berikan oleh panitia dan masyarakat di Tanah Tabi cukup meriah, apalagi dengan symbol pemasangan mahkota di kepala ciri khas Papua yang di lakukan ketua Tim penyambutan cukup berkesan bagi mereka duta-duta dari Maluku utara. 


Delegasi Sulawesi Utara saat tiba di pelabuhan Jayapura, Kamis (20/10/2022) dalam rangka mengikuti kegiatan Kongres Aliansi Masyakarat Adat Nusantara ke VI di Kabupaten Jayapura pada 24 Oktober 2022 mendatang. (Foto : CHANRY ANDREW)

 

" puji syukur luar biasa buktinya saya di pasangkan mahkota kebesaran sebagai symbol adat dan budaya orang papua kami bisa pakai," ungkap Yesaya Banari kamis, ( 20/10/2022).

Yesaya Banari mengaku ini merupakan Negeri yang pertama duta-duta masyarakat adat dari Maluku Utara datangi, sehingga dirinya berharap mereka dapat berbaur dan berkomunikasi dengan komunitas masyarakat adat di Papua terutama di tanah Tabi.

Ditempat yang sama Ketua Dewan BP Aliansi Masyakarat Adat Nusantara (AMAN)  Sulawesi Utara,Karisma Kurama Ketua BP mengaku pertama kali tiba di papua kesannya luar biasa, penyambutan yang di lakukan oleh masyarakat Papua kepada delegasi duta-duta masyarakat adat dari Sulut  di Tanah Tabi Kota Jayapura karena hubungan emosional orang Minahasa dan orang Papua sudah terjalin sangat lama.

" luar biasa penyambutannya, orang minahasa dan orang papua kesanya sudah terjalin sangat lama,"ungkapnya.


Duta-Duta Masyarakat Adat Nusantara saat Tiba di Tanah Tabi Kota Jayapura, Kamis (20/10/2022) (Foto : CHANRY ANDREW)
 

Ketua Tim Penyambutan yang juga Kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Jhon Wiklif Tegas mengatakan bahwa rombongan yang datang dari lima provinsi ini selanjutnya melakukan registrasi di Puspenka Sentani dan kemudian di arahkan ke tempat-tempat penginapan masing-masing.

" mereka akan di arahkan ke tempat registrasi dan selanjutnya ke Penginapan masing-masing,"ungkapnya.

Selain ini untuk kontingen yang menggunakan transportasi laut masih berdatangan , terutama Kontingen-kontingen atau duta-duta masyarakat adat dari wilayah-wilayah pesisir di Papua dan papua barat serta luar papua.

Data peserta jalur laut kedatangan tanggal 20 Oktober 2022, yang  tiba di Pelabuhan Port Numbay Kota Jayapura  menggunakan Kapal PELNI KM. Sinabung, Sulawesi Utara 41 orang, Sulawesi Tengah 76 orang, Maluku Utara 18 orang, Papua Barat 124 orang, Banten Kidul 2 orang, Biak 37 orang, total 298 orang peserta. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut