get app
inews
Aa Read Next : Baku Tembak Dengan KSTP di Nduga Papua Pegunungan, Dua Prajurit Kostrad Gugur

Sejarah dan Kronologi G30S PKI : 7 Jenderal Dibuang ke Lubang Buaya. AH Nasution Berhasil Kabur

Kamis, 29 September 2022 | 15:35 WIB
header img
sejarah G30S PKI, 7 jenderal pahlawan revolusi dibuang ke Lubang Buaya. Foto: ist

Jenderal AH Nasution Berhasil Kabur

Mengutip dari buku 'Pierre Tendean' karya Masykuri, pada tanggal 1 Oktober 1965, sekitar pukul 04.00 WIB anggota Cakrabirawa masuk ke rumah Jenderal AH Nasution. Mereka pun melucuti senjata milik penjaga di rumah AH Nasution.

Di saat yang bersamaan, Jenderal AH Nasution dan istrinya dalam keadaan terbangun. Bukan karena mengetahui kedatangan anggota Cakrabirawa, tetapi karena sibuk mencari nyamuk. Bahkan Jenderal AH Nasution dan istri tidak mendengar adanya letusan-letusan di luar rumah mereka. Namun, mereka baru sadar saat mendengar pintu dibuka secara paksa.

Ibu Nasution pun langsung mengintip dari pintu dan melihat anggota membawa senjata. Lekas, ia memberitahu Jenderal AH Nasution untuk langsung kabur, lantaran ia merasakan firasat sang Jdenral akan diculik.

Namun, Jenderal AH Nasution tak langsung menuruti ucapan ibunya. Ketika pintu dibuka, tiga tembakan meluncur ke arahnya sehingga ia langsung tiarap.


Jenderal Besar Abdul Haris Nasution (AH Nasution), (museumnusantara.com)

 

Setelah pintu kamar terkunci, Ibu Nasution langsung mengantar Jenderal AH Nasution ke luar kamar melalui gang menuju kamar mandi lalu menuju tempat yang sudah ditentukan. Jenderal Nasution melompati tembok dan dihujani tembakan. Beruntungnya, tidak ada satu tembakan yang mengenai dirinya. Ia pun bersembunyi di pekarangan rumah tetangganya.

Di dalam rumah, gerombolan Cakrabirawa mengintrogasi Ibu Nasution menanyakan keberadaan sang suami. Ia pun mengaku bahwa suaminya telah dua hari ke luar kota. Anggota Cakrabirawa pun malah membawa Lettu Pierre Tendean yang merupakan ajudan AH Nasution ke Lubang Buaya. Ia mengira Pierre merupakan sang Jenderal. Oleh karena itu, AH Nasution bisa kabur dan menyelamatkan diri dari peristiwa G30S PKI.

Nah, itulah sejarah dan kronologi G30S PKI sebabkan tewasnya 7 jenderal yang dibuang ke Lubang Buaya, Jakarta Timur.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut