get app
inews
Aa Read Next : Suasana Haru Selimuti Pelepasan Jenazah Briptu Anumerta Steve Karamoy

Penyerangan Brutal Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Nduga Papua 9 Orang Meninggal Dunia

Sabtu, 16 Juli 2022 | 13:46 WIB
header img
Pihak keluarga saat melihat kondisi korban kebiadaban KKB Pimpinan Egianus Kogoya. KKB melakukan penyerangan dan pembantaian terhadap warga sipil yang menyebabkan 9 orang meninggal dunia di Kampung Noglait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua. Foto Ist

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) kembali berulah. Kali ini KKB melakukan aksi penyerangan terhadap sejumlah warga sipil di Kabupaten Nduga, Papua. Sabtu (16/7/2022).

Dari informasi yang didapatkan iNews.id, KKB pimpinan Egianus Kogoya membantai sejumlah warga sipil di Kampung Nagoliat, Kabupaten Nduga, Papua, pada hari Sabtu pagi tadi.

Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani mengatakan dalam kejadian tersebut sebanyak 10 orang dilaporkan menjadi korban dan dibawa ke Puskesmas Keneyam. Dari 10 orang korban yang dibawa tersebut 9 orang dilaporkan meninggal dunia.

" Dari laporan yang kami terima, ada 10 orang korban yang dibawa atau di evakuasi ke Puskemas setempat dimana dari 10 korban itu, 9 orang dilaporkan meninggal dunia" ungkap Kombes Pol Faizal Ramadhani kepada wartawan di Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua, Sabtu (16/7/2022).

Terkait kronologis dan motif dari aksi penyerangan terhadap warga sipil yang rata-rata adalah warga pendatang itu, Kombes Faizal belum dapat menjelaskan secara rinci kronologis dan motif kejadian. Dimana menurut Faizal hingga saat ini aparat Gabungan dari TNI POLRI masih terus melakukan proses evakuasi terhadap para korban dan melakukan pengamanan di TKP.

" Untuk pasukan dari Tim Satgas Damai Cartensz sudah merapat ke lokasi kejadian. Kapolres Nduga sendiri setelah ikut proses evakuasi Pesawat SAM Air kemarin, rencananya pagi hari ini segera kembali ke Nduga. Namun akibat cuaca buruk sehingga kembali ke Timika. Tapi laporan terakhir Tim Satgas Damai Cartensz yang dipimpin Kapolres Nduga telah bergerak ke ke Kenyam. Kita tunggu saja informasi dari anggota disana." Ujar Faizal.

Peristiwa ini menurut Kombes Faizal diyakini dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

" Ya pimpinan Egianus Kogoya" ungka Faizal.

Aksi brutal kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Egianus Kogoya sudah sering dilakukan, Selain membantai warga Sipil. Egianus Kogoya juga kerap melakukan penyerangan terhadap pihak TNI POLRI. Aksi kejam Egianus Kogoya ini sudah sangat meresahkan masyarakat. Tindakan tegas aparat Keamanan terhadap kelompok ini sangat diharapkan masyarakat.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut