Logo Network
Network

Bikin Haru, Bripda Ocwin Yoel Papuarenda Langsung Sujud Cium Kaki Ibu usai Dilantik Jadi Polisi 

Subhan Sabu
.
Kamis, 07 Juli 2022 | 20:44 WIB
Bikin Haru, Bripda Ocwin Yoel Papuarenda Langsung Sujud Cium Kaki Ibu usai Dilantik Jadi Polisi 
Bripda Ocwin Yoel Papuarenda sujud syukur di kaki sang ibu usai dilantik menjadi anggota Polri. Foto Humas Polda Sulut

KEPULAUAN TALAUD, iNewsSorongRaya.id - Brigadir Polisi Dua (Bripda) Ocwin Yoel Papuarenda yang baru dilantik menjadi Polisi jadi perhatian karena aksinya mencium kaki sang ibu usai pelantikan menjadi anggota Polri. Bripda Ocwin Yoel Papuarenda  anak nelayan asal Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), resmi dilantik menjadi anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), Kamis (7/7/2022). 

Bintara remaja ini saat dihampiri ayah dan ibunya, Sinyo Papuarenda dan Martince Monggesang, langsung memeluk erat-erat keduanya sambil berlinang air mata. 

Ocwin lalu memberikan hormat, selanjutnya bersujud sambil mencium kedua kaki sang ibu tercinta, sebagai wujud bakti dan terima kasih atas doa restu. Saya bersyukur dan bangga, karena berasal dari keluarga kurang mampu, ayah nelayan dan ibu adalah ibu rumah tangga. Dan hanya sekali mendaftar, Tuhan tolong, dan lulus,” ujar Bintara remaja kelahiran Miangas, 17 Oktober 2003 ini. 

Ocwin menuturkan, usaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi dirinya tinggal di pulau terluar. Di antaranya jaringan internet di Miangas yang tidak stabil sehingga butuh proses lama saat mendaftar online.  

“Tetapi kendala itu teratasi dengan bantuan Polsek Miangas yang meminjamkan komputer berakses jaringan internet. Jadi saya mendaftar online di kantor Polsek Miangas walaupun harus menunggu hingga dini hari,” kenangnya. 

Selain itu, lanjut Ocwin, sarana transportasi juga sempat menjadi kendala baginya saat akan mengikuti seleksi tahap awal di Polres Kepulauan Talaud, yang berada di Melonguane. 

“Jarak Miangas-Melonguane itu sangat jauh. Naik kapal laut selama sekitar 12 jam, apalagi kalau ombak tinggi, bisa lebih lama. Tetapi saya tidak putus asa demi meraih cita-cita,” tutur lulusan SMK Negeri 2 Nanusa tahun 2021 ini. 

Kini setelah menyandang pangkat Bripda, Ocwin pun bertekad akan menjadi polisi yang baik dan jujur. “Saya akan bertugas dengan baik supaya bisa mengangkat martabat keluarga, terlebih bisa mengabdi untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” harapnya. 

Ocwin juga mengajak generasi muda terutama yang berasal dari pulau-pulau terluar yang akan mendaftar calon anggota Polri, agar mempersiapkan diri dengan baik. 

“Kepada teman-teman khususnya yang dari pulau-pulau terluar maupun wilayah perbatasan, jika ingin menjadi polisi agar mempersiapkan diri sejak awal dengan sebaik-baiknya. Tetap semangat, seleksi masuk polisi tidak dipungut biaya,” ujar Ocwin.  

Sementara itu ayah Ocwin pun merasa sangat bersyukur atas keberhasilan anak semata wayangnya tersebut. 

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, setelah bersusah payah akhirnya anak saya bisa jadi polisi. Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi keluarga, Ocwin bisa menjadi abdi negara. Semoga Ocwin jadi polisi yang baik, menghormati atasan dan juga sesama teman, terlebih takut akan Tuhan,” tutup Sinyo.  

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.