Ka Ops Damai Cartenz-2024: Negosiasi Bersama Tokoh Masyarakat Berhasil Bebaskan Pilot Philip

ANDREW CHAN
Ka Ops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani didampingi Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Bayu Suseno saat memberikan keterangan pers kepada wartawan. (FOTO iNewsSorong.id - HO : Satgas Humas Ops Damai Cartenz).

 

TIMIKA, iNewSorong,id - Pembebasan pilot Philip Mark Mehrtens di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada 21 September 2024, merupakan hasil dari pendekatan negosiasi yang dilakukan oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024.

Keberhasilan operasi ini dicapai tanpa pengerahan pasukan militer, melainkan melalui kerja sama dengan tokoh masyarakat, gereja, perempuan, dan pemuda setempat.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani, menyatakan bahwa upaya negosiasi yang dilakukan menghadapi tantangan besar, terutama karena kompleksitas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terlibat.

Menurut Brigjen Faizal,  meskipun ada lebih dari satu faksi KKB yang harus didekati, melalui komunikasi yang terus menerus, pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut berhasil dilaksanakan dengan aman.

Sementara itu Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Bayu Suseno, juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam proses negosiasi.

Menurutnya, dengan melakukan pendekatan yang hati-hati dan melibatkan tokoh-tokoh kunci masyarakat lokal terbukti efektif dalam menyelesaikan situasi ini tanpa konfrontasi militer.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network