Wabah Cacar Monyet Menyebar: Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Oetojo Sorong Siapkan Bangsal Khusus

ANDREW CHAN
Karumkit RSAL dr.Oetojo, Kota Sorong, Letkol (Laut) dr Anventy saat menujukan kondisi RSAL dr.Oetojo yang telah menyiapkan bangsal khusus bagi pasien cacar monyet atau monkeypox. (FOTO : iNewsSorong.id-ANDCHA)

 

SORONG, iNewsSorong.id, - Rumah Sakit TNI AL dr. R Oetojo di Sorong, Papua Barat Daya, telah menyiapkan bangsal khusus untuk merawat pasien yang terinfeksi virus cacar monyet atau monkeypox. 

Kepala rumah sakit, Letkol Laut dr. Adventy Nahan, menyatakan bahwa satu bangsal dengan beberapa kamar perawatan telah disiapkan. Jika kasus meningkat, seluruh bangsal akan dikhususkan untuk pasien cacar monyet.

Menurut dr. Adventy,cacar monyet menular melalui kontak dekat dengan cairan tubuh orang atau hewan yang terinfeksi. 

" Gejala awal mirip dengan flu, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan munculnya ruam di kulit,"jelas dr. Adventy .

Sementara itum menurut dr. Bernard, Spesialis Patologi di rumah sakit tersebut, menjelaskan cairan dari ruam kulit dapat menularkan virus melalui kontak langsung. 


Antisipasi wabah cacar monyet RSAL dr.Oetojo siapkan bangsal khusus.(FOTO : iNewsSorong.id - ANDCHA)

 

 

" Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk segera memeriksakan diri jika mengalami demam berkepanjangan,"imbau dr. Bernard.

Untuk mencegah penyebaran, masyarakat disarankan menjalani pola hidup sehat seperti pada masa pandemi COVID-19, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. 

Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di Kongo, Afrika Selatan, dan saat ini telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network