Tolak Penujukan Dr. Ideham Said sebagai PLT Kepala Puskesmas Malanu, ASN Palang Kantor

MELINDA WAA
Aksi pemalangan UPTD Puskesmas Malanu oleh para ASN OAP. (FOTO: iNewsSorong.id - MEWA)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Penujukan Dokter Ideham Said sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala UPTD Puskesmas Malanu, Distrik Sorong Utara menggantikan Pelaksana Harian (PLH) Margaretha Yanti oleh Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat dianggap salahi prosedur dan mematikan karir ASN Orang Asli Papua (OAP). Puluhan pegawai UPTD Puskesmas Malanu melakukan aksi Pemalangan gedung Puskesmas, Senin(10/6/2024). 

Dalam aksi tersebut para pegawai puskesmas juga memasang sejumlah pamflet dan poster terkait alasan penolakan tersebut. 

Tak hanya itu, dalam pamflet tersebut juga tertulis mosi tidak percaya terhadap Penjabat Wali Kota Sorong Septinus Lobat yang dianggap gagal dalam memberdayakan ASN OAP, karena melakukan pergantian PLT UPTD Kepala Puskesmas Malanu.

"Penjabat Septinus Lobat paling gagal dan sangat keliru telah menggeser OAP dan mengangkat non OAP di Tanah Maladum,"sebut tulisan tersebut. 

Sementara itu Plh Kepala Puskesmas Malanu, Margaretha Yanti Howay mengatakan proses pergantian dirinya dengan pejabat baru, sama sekali  tidak ada pemberitahuan dari instansi teknis.

" Saya ditunjuk pada 12 Januari 2024 untuk melaksanakan tugas dalam proses pelaksanaan tugas. Jika tidak terjadi apa-apa, saya akan dilantik menjadi Plh Kepala Puskesmas Malanu. Namun, yang dilantik kemarin bukan yang sebelumnya memegang jabatan, tetapi langsung geser. Ada apa ini? dan juga pelantikan tidak dihadiri oleh dinas kesehatan,"tuturnya.

Tak hanya itu, Margaretha yang merupakan perempuan asli Papua ini juga menegaskan, sebagai ASN OAP mereka harus diberikan kesempatan dalam meniti karir sesuai amanat undang-undang Otonomi khusus Papua.

" Kami, Orang Asli Papua (OAP) harus diberitahu dan diberi kesempatan," ujarnya. 

Terkait adanya persoalan tersebut, wartawan berusaha melakukan konfirmasi kepada Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat. Namun Septinus mengaku belum mengetahui adanya persoalan tersebut. 

" Di puskesmas mana, saya tidak tahu masalah apa? Nanti saya akan mencari tahu permasalahannya. Jangan sampai saya salah bicara," tutup Septinus.

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network