KPU PDB Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada dan Maskot"Si Timo"

MEWA
KPU PDB resmi luncurkan tahapan Pilkada serentak 2024 dan Maskot "Si Timo" sebagai Maskot utama Pilkada Papua Barat Daya. (FOTO : iNewsSorong.id-MEWA)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya, resmi melaunching tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar di Aston Hotel, Kota Sorong, Jumat (3/5/2024). 

Dalam launching tahapan pilkada serentak tersebut juga turut diluncurkan Maskot Pilkada"Si Timo" sebagai Maskot utama Pilkada serentak di Provinsi Papua Barat Daya. 

Hadir dalam launching Maskot dan Tahapan Pilkada serentak ini Komisioner KPU RI yang juga Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Dr. Idham Holik, para Komisioner KPU Papua Barat Daya, Komisioner KPU se-kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat Daya, Forkompinda serta pejabat instansi pemerintah lainnya. 

Dalam keterangan pers kepada wartawan, Idham Holik mengatakan tahapan Pilkada merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024. 

"Guna menyukseskan pemilukada di Provinsi yang baru ini pada tanggal 27 November mendatang kita perlu saling kolaborasi, sebagaimana dengan pelaksana Pileg dan Pilres yang sudah dilalui bersama," ujar Dr. Idham Holik.

Idham yakin pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Papua Barat Daya akan berjalan dengan aman. Hal ini terbukti dengan pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024 lalu boleh berjalan tanpa hambatan oleh karena persatuan dan kerukunan warga masyarakat yang humanis.

"Karena itu saya harap teman-teman KPU Provinsi Papua Barat Daya dapat terus melakukan pembinaan dan edukasi pada masyarakat lewat sosialisasi supaya semua dapat menggunakan hak pilih dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Provinsi Papua Barat Daya, Adolf Kambuaya mewakili Pj Gubernur, meminta kepada seluruh masyarakat yang merupakan pemilih dapat menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara dan tidak mudah terprovokasi. 

"Ingat tetap junjung persatuan kita sesuai visi misi kitorang kuat karena kitorang satu, sehingga tidakada yang mudah terprovokasi tetapi ciptakan pemilu aman dan damai," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu menjelaskan bahwasanya tahapan Pemilu sudah sangat baik dan itu terbukti pada Februari kemarin.

"Kami tetap optimis kalau Pilkada serentak November besok tetap akan berjalan aman meskipun masih ada beberapa tahapan yang tersisa termasuk penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi," bebernya.

Berangkat dari perihal tersebut, maka selaku penyelenggara Pemilu, Andarias mengajak masyarakat untuk dapat menyukseskan Pilkada serentak pada November 2024 mendatang. 

" kami selaku pihak penyelenggara Pemilu mendatang mengajak masyarakat Papua Barat Daya turut berpartisipasi guna suksesnya pilkada serentak tahun 2024,"pungkasnya. 

Untuk diketahui, pada bulan November 2024 mendatang, Provinsi Papua Barat Daya sebagai provinsi baru di Indonesia akan menggelar pesta demokrasi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada), baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, juga Pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada enam kabupaten/kota di wilayah tersebut. 

 

Editor : Chanry Suripatty

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network