7 Hacker Indonesia yang Paling Ditakuti Dunia, Nomor 3 Bocah SMP Bikin Amerika Ketar-ketir

Risa Maharani Putri/Ila Nurlaila Sari
Kesibukan Putra Aji Adhari, hacker pembobol situs NASA pada 2019 (Foto: BBC)

5. Bio666x Alias Yogi Nugraha

Yogi Nugraha adalah peretas asal Indonesia yang berhasil membuat heboh negeri tetangga, Malaysia. Pasalnya, Yogi mematikan jaringan internet Malaysia.

Tidak hanya Malaysia, Singapura pun pernah menjadi korban aksinya. Yogi meretas berbagai data penting milik militer Singapura.

Pria yang masih berusia 20 tahun ini juga sempat menjadi pejuang Tanah Air karena melawan arogansi Australia beberapa tahun lalu.

Yogi melakukan defacing sekitar 1.700 web dan blog dari Australia dalam waktu dua hari. Ia tidak pernah belajar meretas secara formal, melainkan secara otodidak dengan bersumber hanya dari Google.

 

6. ADC Hacker

Hacker terkenal dari Indonesia ketiga yaitu ADC Hacker. 

Dalam prosesnya ADC Hacker mampu meretas hingga ribuan situs mulai dari pemerintah dan swasta dalam lingkup nasional maupun internasional.

Efek dari pembobolan ribuan situs yang dilakukan ADC, hacker satu ini meraup uang hingga  miliaran rupiah yang habiskan untuk foya-foya dan bersenang-senang.

7. MZSRBP dan SFR

Hacker selanjutnya yang terkenal di Indonesia adalah MZSRBP dan SFR. 

Kedua hacker ini sangat ciamik membobol beberapa situs pertahanan beberapa negara di dunia, salah satunya membuat rugi negara Amerika Serikat hingga 60 juta dollar. 

Tidak hanya itu saja, di saat pandemi kedua hacker ini membuat sebanyak 14 website palsu dan membuat penipuan. Alhasil kedua hacker tersebut  berhasil ditangkap.

Editor : Hikmatul Uyun

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network