Logo Network
Network

Leg Pertama Liga Futsal Nusantara 2022, Putera Mandala Raja Ampat Bantai Acemo FC Manokwari

ANDREW CHAN
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 12:05 WIB
Leg Pertama Liga Futsal Nusantara 2022, Putera Mandala Raja Ampat Bantai Acemo FC Manokwari
Fahmi Macap, tokoh muda Raja Ampat sekaligus Legislator DPRD Raja Ampat mengapresiasi kemenangan Tim Futsal Putera Mandala Raja Ampat dan mengapresiasi pelaksanaan Liga Futsal Nusantara Zona Papua Barat 2022.

SORONG, iNewsSorongRaya.id - Liga Futsal Nusantara Zona Papua Barat tahun 2022 kembali di gelar. Liga Futsal Nusantara ini dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR), Senin (13/6/2022) dan dibuka secara resmi oleh Ketua Asosiasi Futsal Indonesia Pengcab Papua Barat, Alosyus Siep.

Dalam Liga Nusantara Zona Papua Barat ini hanya dua tim yang bertanding dimana kedua tim ini masing-masing, Tim Putera Mandala Raja Ampat berhadapan dengan Tim Acemo FC Manokwari.

Dalam pertandingan yang disaksikan ratusan penonton di Gedung Olah Raga (GOR) Pancasila ini kedua tim menampilkan permainan terbaik mereka. Tim Futsal Putera Mandala Raja Ampat yang diasuh oleh Denny Malute sejak Kick Off Babak Pertama dimulai langsung melakukan penetrasi ke pertahanan Tim Acemo FC Manokwari. Alhasil berkat kerja sama tim yang menawan, Samuel Wambrauw berhasil merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Putera Mandala Raja Ampat.

Tak perlu menunggu waktu lama, pada menit kedua melalui skema serangan balik, lagi-lagi Samuel Wambrauw berhasil merubah kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Putera Mandala Raja Ampat.

Tak mau ketinggalan Tim Acemo FC Manokwari mulai menaikkan tensi pertandingan sejumlah peluang didapatkan untuk mencetak gol. Namun sayangnya hasil akhir kerja sama tim Acemo belum membuahkan hasil.

Memasuki menit ke 19 melalui satu serangan balik yang mematikan, Putera Mandala Raja Ampat berhasil memperbesar keunggulan mereka melalui gol cantik Yusril Musin.

Walaupun tertinggal 3-0 tim Acemo FC Manokwari terus berupaya menghasilkan gol bagi Tim mereka. Kerja sama tim dan permainan kaki ke kaki terus ditampilkan oleh tim asuhan Igho Mambraku dan Jerry Mambraku tersebut. Tim Acemo FC Manokwari beberapa kali mendapat sejumlah peluang emas untuk mencetak gol ke gawang Putera Mandala Raja Ampat, namun sayang pertahanan tim Asuhan Denny Malute masih terlalu kokoh untuk di tembus Tim Futsal Acemo FC Manokwari.

Pada menit ke 37 melalui permainan kaki ke kaki dan umpan yang matang, Salomo Kareth memperbesar keunggulan Putera Mandala Raja Ampat dengan menggetarkan jala Acemo FC Manokwari. Skor 4-0 untuk Putera Mandala Raja Ampat. Hingga wasit meniup peluit babak pertama berakhir, skor tetap 4-0 untuk keunggulan Putera Mandala Raja Ampat.

Memasuki Kick Off Babak Kedua, anak-anak Acemo FC Manokwari langsung membangun serangan cepat menerobos jantung pertahanan Putera Mandala. Namun pertahanan Putera Mandala Raja Ampat yang dikawal dua pemain tangguh masih terlalu sulit untuk ditembus anak-anak Manokwari.  Pada menit ke 15 Salomo Kareth berhasil memperbesar keunggulan Putera Mandala dengan tendangan keras ke gawang Acemo FC Manokwari. Skor berubah menjadi 5-0.

Pertandingan yang berlangsung cepat dan indah akhirnya membuahkan hasil bagi tim Acemo FC Manokwari. Melalui kerjasama yang baik, pada menit 22 John Fander berhasil menggetarkan jala Putera Mandala Raja Ampat. Skor berubah menjadi 5-1.

Usaha dan kerja keras anak-anak kota buah Manokwari akhirnya kembali membuahkan hasil. Kembali lewat kaki John Fander pada menit 32 memperkecil kekalahan. Lewat satu sontekan indah, John berhasil menggetarkan jala Putera Mandala Raja Ampat. Dimana skor pun berubah menjadi 5-2.

Hingga wasit meniup peluit akhir babak kedua, Tim Putera Mandala tetap unggul dengan skor telak 5-2.

Kemenangan Tim Futsal Putera Mandala Raja Ampat mendapat apresiasi yang tinggi dari Tokoh Muda Raja Ampat, Fahmi Macap.

Fahmi mengatakan kerja keras Tim Putera Mandal tentunya membawa suatu kebanggaan yang besar bagi masyarakat Raja Ampat. Kemenangan ini menjadi satu langkah maju bagi Tim Futsal Putera Mandala sebagai batu loncatan menuju pentas Nasional.

" Tentunya kami bangga yah, atas hasil maksimal yang diraih anak-anak hebat dari Tim Futsal Putera Mandala Raja Ampat. Ini langkah maju dengan kemenangan besar ini semoga menjadi batu loncatan untuk mereka dapat tampil di kancah nasional"ujar Politisi asal PAN ini.

Dengan adanya kegiatan Liga Futsal Nusantara yang digelar Assosiasi Futsal Indonesia ini menurut Fahmi sebagai suatu langkah awal untuk menggemakan Olahraga Futsal di wilayah Papua Barat, karena selama ini menurut Fahmi belum ada wadah atau Asosiasi yang menaungi tim-tim Futsal di Papua Barat.

" Untuk Futsal di Wilayah Papua Barat ini kan selama ini tidak terlalu menggema. Padahal event-event lokal ini sering dilakukan. Tetapi sayangnya tidak ada asosiasi yang mencoba maju menjadi payung bagi semua tim Futsal di Papua Barat ini." Ujar Fahmi.

Dengan adanya Assosiasi Futsal Papua Barat ini menurut Fahmi agar dapat dibentuk Asosiasi Futsal daerah di wilayah kabupaten/kota di Papua Barat, dirinya berharap agar di Wilayah Raja Ampat juga dapat dimandatkan kepada yang berkompeten untuk memegang Assosiasi Futsal Indonesia Pengurus daerah. Karena menurut Fahmi dari sisi Kelembagaan baik eksekutif maupun legislatif pihaknya sangat mendukung kemajuan dan prestasi anak-anak muda dalam dunia olahraga. Bahkan menurut Fahmi melalui kelembagaan juga pihaknya mengalokasikan dana bagi perkembangan Futsal di daerah itu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Raja Ampat untuk pelatihan Pelatih dan Wasit Futsal.

" Saya pikir bahwa. Kalau hari ini terjadi di Kota Sorong (Liga Futsal Nusantara) bisa jadi saya harap di Kabupaten Raja Ampat juga di berikan kepercayaan, dimandatkan kepada siapa untuk memegang Organisasi Asosiasi Futsal daerah. Karena Raja Ampat, kita dari sisi kelembagaan Eksekutif dan legislatif sangat konsen dan sangat mendukung soal olahraga. Terbukti dengan tahun ini (2022) kami mencoba untuk mengalokasikan anggaran melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Raja Ampat khusus untuk pembinaan pelatih Futsal dan Wasit Futsal." Ujar Legislator DPRD Raja Ampat ini.

" Namun sayangnya hingga saat ini di Raja Ampat belum ada Asosiasi, sehingga kita butuh sebuah Asosiasi Futsal seperti ini harus ada di Raja Ampat. Sehingga seluruh daerah diharapkan dapat hadir Asosiasi Futsal agar kedepannya Futsal ini bisa digerakkan dan dibesarkan di Papua Barat. Sehingga event besar itu tidak hanya terjadi di Papua Barat tapi juga Futsal ini menjadi regenerasi baru. Bisa mencari bibit-bibit baru untuk mengharumkan nama besar Papua Barat. " Tandas Fahmi Macap.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.