Transformasi Digital: Kilang Kasim Andalkan Medsos untuk Layanan Publik

SORONG, iNewssorongraya.id – Menyambut Hari Media Sosial Nasional yang diperingati setiap 10 Juni, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VII Kasim menegaskan komitmennya dalam memperkuat keterbukaan informasi publik dengan mengoptimalkan peran media sosial sebagai kanal resmi pelayanan masyarakat.
Langkah strategis ini menjadi wujud nyata komitmen RU VII Kasim dalam menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta memperluas jangkauan komunikasi yang transparan dan partisipatif dengan masyarakat, khususnya di wilayah Sorong dan Papua Barat Daya.
“Transformasi digital bukan hanya soal efisiensi internal, tetapi juga bagaimana Kilang Kasim hadir secara aktif di ruang publik digital. Media sosial menjadi sarana penting untuk menjalin komunikasi dua arah yang transparan dan akuntabel dengan masyarakat,” tegas Pjs Area Manager Communication, Relations, CSR & Compliance RU VII Kasim, Bambang Imawan, dalam keterangannya.
Bambang juga secara terbuka mengajak masyarakat di Sorong dan seluruh Indonesia untuk terhubung langsung dengan Kilang Kasim melalui kanal-kanal resmi media sosial. “Kami akan menyajikan konten yang fresh dan informatif, termasuk peluang-peluang seperti informasi vendor dan kegiatan CSR yang bisa diakses langsung oleh publik,” lanjutnya.
Partisipasi publik pun terlihat dari interaksi positif di media sosial resmi RU VII Kasim. Salah satu komentar yang menyita perhatian datang dari akun @ansuryati_4 di Instagram resmi Kilang Kasim:
“Wah, bangga sekali dengan kaka-kaka di Kilang Kasim, sukses selalu membawa perubahan di Indonesia Timur,” tulisnya menyemangati.
Adapun akun resmi RU VII Kasim dapat diakses melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram @Pertamina_RU7, TikTok @Pertamina_RU7, dan Facebook PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim.
Sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), Kilang Kasim memiliki mandat strategis sebagai pengelola bisnis pengolahan minyak dan petrokimia di kawasan timur Indonesia, dengan komitmen pada prinsip keberlanjutan melalui pendekatan Environment, Social and Governance (ESG).
Upaya digitalisasi yang dilakukan ini juga memperkuat misi RU VII Kasim dalam mewujudkan visi KPI: menjadi perusahaan kilang minyak dan petrokimia kelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial, serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.
Editor : Chanry Suripatty