get app
inews
Aa Read Next : Kuasa Hukum KPU Papua Barat Daya Tegaskan Laporan MRP PBD ke Bawaslu dan Gakkumdu Salah Alamat

KPU Papua Barat Daya Ajak Semua Jaga Keamanan dan Laksanakan Pemilu Jujur dan Adil

Selasa, 24 September 2024 | 12:06 WIB
header img
Deklarasi PILKADA DAMAI Papua Barat Daya 2024, menandai langkah awal menuju pilkada serentak pada 27 November 2024 dan diharapkan dapat berjalan dengan aman dan tertib. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Paska penetapan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Daya untuk tahun 2024, telah diadakan deklarasi kampanye damai pada Selasa (23/9/2024) yang digelar di Gedung Drs Ec Lamberthus Jitmau, Kota Sorong. Acara ini melibatkan semua pihak, termasuk Forkopimda Papua Barat Daya, yang menandatangani naskah deklarasi pemilihan.

Deklarasi tersebut mencakup tiga poin penting, diantaranya, Pemilihan yang Adil: Mengutamakan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Kampanye Aman dan Tertib: Melaksanakan kampanye yang aman, tertib, dan damai, serta bebas dari hoaks, politisasi SARA, dan politik uang, serta Kepatuhan terhadap Peraturan: Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu, mengajak semua partai politik dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan menciptakan pemilu yang damai. Ia menekankan pentingnya edukasi politik kepada masyarakat agar mereka memahami proses pilkada.

Muhammad Gandhi Sirajudin, Kepala Divisi Teknis KPU PBD, juga mengingatkan pentingnya menjaga kondusivitas agar tahapan pilkada dapat berjalan sesuai mekanisme yang telah ditentukan, dengan pengawasan dari Bawaslu.

Ketua Bawaslu Papua Barat Daya, Farli Sampetoding Rego, menegaskan bahwa semua peserta pemilu harus mematuhi jadwal kampanye dan tidak boleh melakukan kampanye di luar jadwal yang ditetapkan, serta hanya diperbolehkan untuk sosialisasi nomor urut hingga tanggal 25 September 2024.

Acara ini menandai langkah awal menuju pilkada serentak pada 27 November 2024 dan diharapkan dapat berjalan dengan aman dan tertib.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut