get app
inews
Aa Read Next : Didukung Dua Partai Politik di Pemilukada Raja Ampat, Pasangan Orideko-Mansyur Mendaftar di KPU

Buntut 'Pilih Kasih' Dalam Kerjasama Media, Jurnalis di Raja Ampat Sepakat Boikot Berita KPU

Minggu, 01 September 2024 | 04:40 WIB
header img
Kantor KPU Raja Ampat, Papua Barat Daya. Puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Raja Ampat sepakat boikot pemberitaan KPU dalam tahapan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat

 

 

WAISAI,iNewsSorong.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat diduga tebang pilih   alias “pilih kasih” soal kerjasama media dalam mempublikasikan kegiatan KPU selama tahapan Pemilukada di Raja Ampat berlangsung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sumber kredibel, KPU Raja Ampat hanya menggunakan 1 media online untuk mempublikasikan kegiatan KPU, padahal anggaran kerjasama KPU dan Media pasalnya mencapai ratusan juta rupiah.

"Tujuan KPU bekerjasama dengan Media adalah sebagai upaya untuk mendorong terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang akurat," ujar salah satu Wartawan media online di Waisai, Selasa (27/8/2024).

Sebagai informasi, hingga saat ini terdapat puluhan media online di Raja Ampat yang tidak diakomodir oleh pihak KPU Raja Ampat. Padahal, media sebagai instrumen penting dalam mengawal tahapan Pemilukada serentak tahun 2024.

Soal  bekerjasama dengan Media ini juga sudah ditegaskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam Surat Edaran yang ditandatangani M. Tito Karnavian per tanggal 13 Mei 2024, tentang "Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2024."

Meskipun demikian, KPU Raja Ampat tidak memandang media sebagai instrumen penting sehingga hanya mengakomodir satu media online saja untuk memberitakan segala kegiatan tahapan Pemilukada di Kabupaten Raja Ampat.

Dengan adanya sikap 'Tebang Pilih' yang dilakukan oleh KPU, maka puluhan awak media yang bertugas di Raja Ampat dan tergabun dalam Komunitas Jurnalis Raja Ampat (KOJURA) bersepakat untuk memboikot seluruh pemberitaan KPU Raja Ampat.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut