get app
inews
Aa Read Next : Resmi Daftar di KPU Lewat Jalur Independen, Pasangan HARUM Siap Harumkan Raja Ampat

Timpora Imigrasi diterjunkan ke Raja Ampat, Ada Apa?

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 15:12 WIB
header img
Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Papua Barat, Piet Bukorsyom saat memberikan keterangan pers kepada wartawan. (FOTO': iNewsSorong.id - MEWA)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Rumah Detensi Imigrasi Biak, Timika, Jayapura, Merauke dan Sorong yang tergabung dalam kantor Imigrasi Papua dan Papua Barat melakukan tindakan pengawasan khusus terhadap orang asing di wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya. 

Sebelum diberangkatkan ke Raja Ampat, Timpora melaksanakan apel kesiapan di dermaga apung, Marina, Kota Sorong, Kamis (22/8/2024). 

Tim yang dikerahkan itu nantinya akan melakukan pengawasan terhadap orang asing atau wisatawan asing yang berada di wilayah Papua Barat Daya, khususnya di Kabupaten Raja Ampat. 

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Papua Barat, Piet Bukorsyom mengatakan, sesuai hasil pertemuan bersama pihak Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, maka ditindaklanjuti yang menjadi fokus pengawasan orang asing.

"Tugas kami melakukan pengawasan kepada orang asing kemudian dievaluasi dan hasilnya akan kami laporkan langsung ke pusat dalam hal ini Direktorat intelejen dan pengawasan," ungkap Piet Bukorsyom.

Sementara Kepala Divisi  Keimigrasian Papua Barat, Achmad Brachmanto Machmud, menjelaskan tugas pengawasan dilapangan adalah tanggungjawab Timpora.

“Hal ini dilakukan agar orang asing yang berada di Indonesia, sesuai dengan izin tinggal mereka. Lalu semua kegiatan-kegiatan dapat diketahui pihak imigrasi,” beber Achmad Brachmanto Machmud.

Tambahnya, pihak Imigrasi terus melakukan pengawasan kepada wisatan asing, sebab jika ada pelanggaran maka ada pula tindakan dari keimigrasian.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut