get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Raja Ampat Kembali Menyabet Juara di Ajang Paritrana Award 2024

Dinas LHKP Papua Barat Daya dan Seniman Sorong Kolaborasi Meriahkan HUT RI dengan Mural Kebangsaan

Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:07 WIB
header img
Sejumlah seniman saat menuangkan karya mereka untuk mempercantik wajah kota Sorong di Taman DEO dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI dengan tema Mural Kebangsaan. (FOTO: iNewsSorong.id - ZAWAN)

 


KOTA SORONG, iNewsSorong.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Pertanahan (LHKP) Provinsi Papua Barat Daya berkolaborasi dengan para seniman lukis di Kota Sorong untuk mempercantik wajah kota dengan mural bertema kebangsaan.

Kegiatan yang berlangsung di beberapa titik landmark Kota Sorong ini bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan memperindah tampilan wajah Ibu kota Provinsi Papua Barat Daya tersebut. 

Para seniman dengan penuh semangat menuangkan kreativitasnya pada dinding-dinding bangunan ikonik, menciptakan karya seni yang inspiratif dan sarat makna.


Sejumlah seniman saat menuangkan karya mereka untuk mempercantik wajah kota Sorong di Taman DEO dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI dengan tema Mural Kebangsaan. (FOTO: iNewsSorong.id - ZAWAN)

 

 

Kepala Dinas LHKP Pemrov Papua Barat Daya Julian Kelly Kambu mengatakan, Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kota yang lebih indah dan berbudaya. 

" Melalui karya seni mural ini, kita ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat gotong royong di kalangan masyarakat," ungkap Kelly sapaan akrab Julian Kelly Kambu. 


Kadis LHKP Pemprov Papua Barat Daya, Mr. Julian Kelly Kambu. (FOTO: iNewsSorong.id - ZADWAN)

 

 

Lebih lanjut Kelly menjelaskan, tema-tema yang diangkat dalam mural ini sangat beragam, mulai dari perjuangan para pahlawan, keindahan alam Papua Barat Daya, hingga semangat persatuan dan kesatuan bangsa. 

" Setiap karya seni memiliki cerita dan pesan tersendiri yang ingin disampaikan kepada masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu Andi Agaki, salah satu seniman ternama di Kota Sorong mengungkapkan rasa bahagia dan antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

"Saya merasa sangat terhormat bisa ikut berpartisipasi dalam mempercantik kota Sorong. Melalui karya seni ini, saya ingin menyampaikan pesan bahwa kita semua adalah bagian dari bangsa Indonesia yang besar dan bersatu," ujarnya.


Seniman ternama Kota Sorong, Andy Agaki. (FOTO: iNewsSorong.id - ZADWAN)

 

 

Selain memperindah tampilan wajah kota, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Sorong.

Mural-mural yang penuh warna dan makna ini tentu akan menjadi spot foto yang menarik dan instagramable," ungkapnya. 


Sejumlah seniman saat menuangkan karya mereka untuk mempercantik wajah kota Sorong di Taman DEO dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI dengan tema Mural Kebangsaan. (FOTO: iNewsSorong.id - ZADWAN)

 

 

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan semangat nasionalisme semakin tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat Papua Barat Daya. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa seni dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun karakter bangsa dan mempererat tali persatuan.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut