get app
inews
Aa Read Next : Berikan Kuliah Umum Bagi Mahasiswa STAK Nabire, Ini Kisah Sukses Prof Vince Tebay

Gelar Syukuran Kelulusan Mahasiswa Penerima Beasiswa YPMAK, Ini Harapan Prof DR Vince Tebay

Kamis, 11 April 2024 | 15:07 WIB
header img
Para hamba Tuhan saat pemberkatan bagi para sarjana penerima beasiswa YPMAK dalam acara doa syukur kelulusan anak-anak Tuhan di gedung gereja GKIP Eklesia Angkasapura, Jayapura. (FOTO : iNewsSorong.id)


 

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si selaku penanggung jawab program beasiswa Uncen yang merupakan mitra Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar ibadah syukur atas kelulusan tujuh mahasiswa peserta beasiswa YPMAK.

Ibadah syukur digelar di Gereja GKIP Eklesia Angkasapura, Jayapura Utara, Kota Jayapura yang dipimpin Pdt Sariati Purba S,Th dengan tema “ Jaminan Hidup Orang Percaya “ di mana tema tersebut diambil dari bacaan Alkitab, 1 Yohanes pasal 5.

“ ada tiga hal penting tentang jaminan hidup orang percaya, diantaranya, jaminan keselamatan, jaminan kemenangan, dan ketiga adalah jaminan jawaban doa, ungkap Pdt Sariati dalam khotbahnya.


Pdt Sariati Purba S,Th saat membawakan khotbah dalam doa syukur kelulusan anak-anak Tuhan. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Keberhasilan anak-anak Tuhan dalam studi merupakan bagian dari jaminan hidup orang percaya yang dilandasi iman dan percaya kepada Tuhan.

“ Pegang teguh iman dan percaya hanya kepada Tuhan supaya engkau diberkati,”ungkapnya.
Usai ibadah syukur dilanjutkan dengan doa pemberkatan dan pengutusan bagi ketujuh anak-anak Tuhan yang dipimpin Pdt Yosias Tebay, Gembala Sidang GKIP Eklesia Angkasapura.


Para hamba Tuhan saat pemberkatan bagi para sarjana penerima beasiswa YPMAK dalam acara doa syukur kelulusan anak-anak Tuhan di gedung gereja GKIP Eklesia Angkasapura, Jayapura. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Penanggung jawab mitra kerja sama beasiswa Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si dalam sambutanya, mengisahkan awal mula adanya program kerja sama antara YPMAK dan Uncen. Menurut Prof Vince perjuangan yang telah dirintis oleh dirinya hingga saat ini boleh melahirkan para lulusan Uncen yang berkualitas.

“Anak-anak yang lulus saat ini mempunyai banyak sekali kemampuan yang luar biasa di sejumlah bidang. Yang nantinya setelah mereka Kembali ke tengah masyarakat dapat mengaktualisasikan ilmu yang sudah didapatkan dan dapat bermanfaat bagi sesame,”ungkap Prof Vince Tebay.

Untuk itu Prof Vince berpesan kepada seluruh peserta beasiswa yang telah lulus untuk dapat memberikan yang terbaik dalam ladang pengabdian di tengah-tengah masyarakat.

“Kalian harus menunjukkan yang terbaik. Kalian datang dari Universitas Cenderawasih, Universitas tertua di Papua dan kebanggan orang Papua. Tunjukan prestasi kalian dalam setiap ladang pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Tunjukan bahwa kalian juga mampu,”ujarnya.


Prof Vince menungkapkan, semua yang telah didapatkan oleh peserta beasiswa adalah kesempatan yang tidak akan mungkin datang dua kali, untuk itu kesempatan yang ada tidak boleh disia-siakan.

“ Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, semua pasti mungkin. Tidak ada orang yang bodoh di dunia ini, semua hanya soal kesempatan saja. Jadi kesempatan yang kalian sudah dapat tidak boleh sia-siakan kesempatan tersebut,”pesannya.


Penanggung jawab mitra kerja sama beasiswa Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si saat memberikan sambutan. (FOTO : iNewsSorong.id)


Prof Vince juga berpesan agar saat Kembali ketengah-tengah masyarakat para lulusan terbaik Universitas Cenderawasih ini dapat menjaga sikap dan menempatkan diri dalam pergaualan sehari-hari.

“ Saat ini kalian sudah merupakan seorang sarjana, sama seperti saya. Saat Kembali ke tengah-tengah masyarakat dan keluarga, harus menampilkan sikap dewasa, harus menjaga sikap dan menempatkan diri dalam pergaulan sehari-hari,”ujarnya.


Para hamba Tuhan saat pemberkatan bagi para sarjana penerima beasiswa YPMAK dalam acara doa syukur kelulusan anak-anak Tuhan di gedung gereja GKIP Eklesia Angkasapura, Jayapura. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

“ Dan hal yang utama adalah harus selalu aktif dalam pelayanan di gereja masing-masing. Jangan pernah meninggalkan pelayanan di gereja,”tegas Prof Vince Tebay.

 


Prof DR Vince Tebay (tengah) saat foto bersama para sarjana lulusan Universitas Cenderawasih. Para sarjana ini juga merupakan peserta beasiswa YPMAK. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Program Beasiswa YPMAK 

Diketahui, sebanyak 7 dari 9 peserta beasiswa angkatan pertama program kerja sama YPMAK dan Uncen tahun 2019 baru saja menyelesaikan studi mereka dengan hasil memuaskan di sejumlah program studi (prodi) Universitas Cenderawasih, Jayapura pada tahun 2024 ini.

Mereka merupakan peserta beasiswa melalui dana CSR PT Freeport Indonesia untuk bidang pendidikan yang dikelola Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Ketujuh mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studi mereka masing-masing, 2 (dua) orang lulusan S2 dan 5 (lima) orang lulusan S1 dari sejumlah program studi pada Universitas Cenderwasih.

Kepada wartawan, Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si selaku penanggungjawab program beasiswa YPMAK di Universitas Cenderawasih, yang juga pembina YPMAK, menjelaskan pihak Uncen sejak tahun 2019 sudah melakukan kerja sama dengan YPMAK. di mana ada 25 anak yang mendapat program beasiswa.

“Jumlah mahasiswa yang masuk pertama tahun 2019 itu 25 anak, tetapi dengan berjalannya waktu tinggal 19 anak (yang menempuh pendidikan),”ungkap Prof Vince Tebay.

Para Mahasiswa ini menurut Prof Vince, mereka mendapatkan dana beasiswa full PT Freeport Indonesia melalui dana CSR bidang pendidikan.

“ Mereka mendapatkan beasiswa full dari YPMAK, melalui dana CSR PT Freeport Indonesia untuk bidang pendidikan,”ujarnya.

Prof Vince menjelaskan, sejak tahun 2019 untuk angkatan pertama, sudah ada 9 anak yang lulus dalam pendidikan dari Universitas Cenderawasih. Sementara anak-anak lainnya saat ini tengah menyelesaikan skripsi dan rencana akan di wisuda pada bulan Agustus dan November tahun ini.

“ Total sudah ada 9 anak yang sudah selesai (studi) sampai dengan hari ini. Sisa dari mereka itu, mereka sedang menyelesaikan proposal (skripsi). (Yang rencananya) akan diwisuda pada bulan Agustus dan bulan November (2024),”jelasnya.

“Kami berharap Angkatan pertama itu, tahun 2019 akan selesai pada tahun ini, tahun 2024,”tambahnya.

 


Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si saat diwawancarai wartawan. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Pada kesempatan itu juga, Prof Vince mengungkapkan, sejak tahun 2019 hingga 2023, total ada 54 anak yang mendapat bantuan beasiswa dan melanjutkan studi di Universitas Cenderawasih dan mereka ditempatkan di sejumlah kontrakan yang ada di kota studi dan hingga saat ini masih aktif dalam perkuliahan.

“ Dari 2019 hingga 2023 anak yang ada pada kami berjumlah 54 anak yang kami tempatkan mereka pada lima kontrakan dan mereka masih aktif (kuliah) sampai hari ini. Dengan kelulusan 7 anak maka yang saat ini kami Kelola adalah sebanyak 49 anak. Kemudian ada juga ada S2,”ungkap Prof Vince.

“ Yang saya kelola itu khusus di Uncen karena ini mitra YPMAK dan Uncen. Kemudian ada juga dari USTJ tetapi mitranya berbeda. Setiap kampus punya mitra sendiri,”tambahnya.

Sementara itu, Novena Maria Helena Wakris S.M salah satu peserta beasiswa YPMAK mengungkapkan bangga sekaligus bersyukur atas prestasi dan kelulusan yang dapat diraihnya dari Universitas Cenderawasih.

“ Saya merasa bersyukur atas program beasiswa yang saya dapatkan dari YPMAK di mana dengan kerja keras dan usaha yang maksimal saya boleh lulus S1 dari Uncen. Saya sangat merasa bangga dengan hasil yang boleh saya raih.” ungkapnya.


Novena Maria Helena Wakris S.M salah satu peserta beasiswa YPMAK . (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Perempuan asli Papua yang sejak tahun 2019 menjalani pendidikan pada prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Uncen ini berharap kepada para yuniornya penerima program beasiswa YPMAK yang masih melanjutkan pendidikan agar dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Harapan saya kepada adik-adik penerima beasiswa YPMAK agar lebih giat lagi dalam belajar untuk meraih kesuksesan. Karena kesempatan yang ada ini tidak datang dua kali,”pesannya.

Selain Novena, salah seorang pria asal suku Amungme, Jamon Tsugumol S.E, yang selama ini menempuh pendidikan pada Fakultas Ekonomi Uncen sejak tahun 2019, mengaku semua yang diraihnya mempunyai tantangan yang luar biasa. Namun berkat dukungan dan doa dari para dosen serta orang tua, akhirnya dirinya mampu menyelesaikan studi selama 4 tahun.

“Dalam menjalani studi sejak tahun 2019 memang banyak tantangan, namun berkat bimbingan para dosen, khususnya ibu Prof Vince Tebay dan doa orang tua, akhirnya saya mampu menyelesaikan studi di Uncen. Saya bersyukur atas semua anugerah Tuhan yang diberikan kepada saya,”ungkapnya.


Jamon Tsugumol S.E pria asal suku Amungme salah satu peserta beasiswa YPMAK. (FOTO : iNewsSorong.id)

 

Jamon tak lupa berterima kasih kepada pihak YPMAK yang telah memberikan beasiswa bagi dirinya dan akhirnya melalui proses yang panjang dalam menempuh pendidikan, dirinya boleh lulus dan menjadi seorang sarjana.

“ Kepada pihak YPMAK khususnya Biro Pendidikan, saya sampaikan banyak terima kasih, karena melalui program beasiswa yang saya dapatkan, akhirnya saya boleh menyandang gelar sarjana saat ini,”pungkasnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut