get app
inews
Aa Read Next : Tim Resmob Mangewang Tangkap MT, Pelaku Pemerkosaan Terhadap Wanita Paruh Baya, 4 Orang Masih Buron

Sambut Sukacita Paskah, Jemaat Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura Antusias Ikuti Sejumlah Lomba

Selasa, 02 April 2024 | 07:55 WIB
header img
Sarah Kambuaya peserta Fashion Show cilik asal Komsel Yoyo saat tampil dalam lomba Fashion Show dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

 

JAYAPURA, iNewsSorongRaya.id - Dalam rangka memperingati perayaan Paskah 2024,  Panitia Besar Paskah Gereja Kingmi Jemaat Eklesia, Angkasapura, Jayapura Utara Kota Jayapura menggelar sejumlah kegiatan lomba yang diikuti seluruh Kelompok Sel Pelayanan (Komsel).

Sejumlah kegiatan perlombaan yang digelar panitia, dilaksanakan di dalam lingkungan gereja sejak Senin (1/4/20224) pagi hingga sore hari disambut antusias dan penuh sukacita seluruh unsur Jemaat.


Lomba CCA dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Kegiatan lomba yang digelar panitia diantaranya, Cerdas Cermat Alkitab (CCA), lomba Make Up (Rias Wajah) dan Fashion Show, lomba membuat Nasi Goreng dan lomba memindahkan air.

Dalam lomba CCA yang diikuti 4 (empat) kelompok, diantaranya kelompok Sekolah Minggu, Pemuda, Perkarya dan Perkawan terlihat para peserta sangat antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri. Dimana pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada para peserta diambil dari Alkitab.


Lomba rias wajah dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Ada juga lomba Make Up atau Rias Wajah yang diikuti mulai dari remaja putri hingga kaum ibu. Dalam lomba tersebut kriteria penilaian meliputi kehalusan foundation, riasan mata,  aplikasi blush on dan bibir, kerapihan riasan, serta kesesuaian kostum.

Tak kalah serunya ada juga lomba Fashion Show, dimana para peserta terlihat menggunakan sejumlah pakaian adat khas Papua mulai dari pakaian adat Suku Mee (Paniai), pakaian adat Wamena, Lanny Jaya, Ayamaru dan juga pakaian adat Nusantara seperti Maluku dan NTT. Para peserta juga wajib memberikan penjelasan singkat terkait makna pakaian adat dan asesoris yang digunakan dihadapan para dewan juri.


Lomba Fashion Show dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Ada hal menarik dalam lomba Fashion Show ini dimana salah satu perserta cilik, Quinsi Sarah Kambuaya tampil memukau, membuat kagum para juri dan penonton. Sarah tampil menggunakan busana adat khas masyarakat Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

Dimana walau masih usia dini namun penampilan Sarah yang mewakili Komsel Yoyo ini, tampil bak model professional dan memberikan nuansa tersendiri saat dirinya berjalan diatas Catwalk.


Sarah Kambuaya peserta cilik lomba Fashion Show dalam rangka perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura (Foto :Tangkapan Layar)

 

Tak hanya itu, Sarah terlihat tenang dan percaya diri dengan tutur kata yang sederhana menyampaikan penjelasan singkat mengenai pakaian adat yang digunakannya.

Keseruan lainnya terlihat dalam lomba membuat Nasi Goreng yang diikuti oleh kaum pria. Dimana para peserta wajib membuat Nasi Goreng terbaik sesuai kriteria yang ditetapkan oleh dewan juri. Para peserta yang mewakili KOMSEL masing-masing terlihat juga sangat pandai dalam mengolah bahan untuk pembuatan Nasi Goreng.


Peserta lomba membuat nasi goreng dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Para peserta juga wajib memberikan  nama pada hasil karya Nasi Goreng hasil olahan mereka saat dihidangkan dihadapan para juri. Dimana nama Nasi Goreng hasil olahan ini diberikan peserta sesuai nuansa Paskah.


Peserta lomba membuat nasi goreng dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Yang tak kalah menarik adalah perlombaan memindahkan air dengan menggunakan dua tangan yang diiukti peserta dari kelompok Sekolah Minggu, Pemuda, Perkawan dan Perkarya. Suasana perlombaan semakin semarak ketika para peserta mendapat dukungan penuh dari masing-masing pendukungnya.


Lomba memindahkan air dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah 2024, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Ketua panitia lomba, Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si mengatakan pihak Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura dalam menyambut perayaan Paskah menggelar sejumlah kegiatan gerejawi dan sejumlah perlombaan dalam dua tahapan kegiatan.

“Seluruh kegiatan yang dilakukan di Jemaat kami, Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura termasuk yaitu perayaan Paskah.  Jadi perayaan Paskah ini kami lakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama itu kami lakukan Camping (yang) melibatkan semua unsur organisasi yang ada di dalam Gereja.  Kemudian lomba yang kami lakukan diawal yaitu pada saat Camping adalah lomba anak Sekolah Minggu, dan itu sudah dilakukan beberapa lomba,”ungkap Vince Tebay kepada iNewsSorongRaya.id, Senin(1/4/2024).

Kegiatan lomba juga dilakukan saat acara Paskah kedua yang digelar sejak pagi hingga sore hari dan diikuti oleh seluruh Komsel dalam Gereja Kingmi Eklesia.


Ketua panitia lomba, Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si saat memberikan keterang pers kepada wartawan. (Foto : Tangkapan Layar)

 

“Dan kelanjutanya adalah para perayaan Paskah kedua ini (yang dilaksanakan) dari pagi sampai sore hari ini. Dengan diikuti oleh Kelompok Kecil pelayanan kami yang kami sebut dengan Komsel di 10 Komsel yang ada di dalam Gereja kami,”sambungnya.

Kegiatan lomba yang diadakan, dianataranya lomba CCA, Fashion Show, lomba pembuatan Nasi Goreng dan lomba mengisi air.

“ Didalam lomba ini, yang kami adakan, mulai dari lomba CCA(Cerdas Cermat Alkitab) yang diikuti oleh 4 Komisi yang ada didalam gereja. Kemudian dilanjutkan dengan Fashion Show yang diikuti oleh setiap Komsel yang wakilnya ada 18 peserta. Dan juga yang berikut adalah lomba (pembuatan) Nasi Goreng diikuti oleh 10 Komsel yang ada didalam jemaat. Dan ada juga lomba mengisi air. Dan lomba mengisi air ini diikuti 10 peserta dengan 4 kelompok,”jelas Vince.


Ketua panitia lomba, Prof DR Vince Tebay, S.Sos, M.Si saat serahkan hadiah bagi pemenang lomba. (Foto : Tangkapan Layar)

 

Kegiatan lomba dalam perayaan Paskah kali ini menurut Profesor perempuan pertama asal suku Mee ini adalah sebagai wujud menjaga kekompakan didalam Jemaat dan kerja sama antar kelompok sel pelayanan.

“ Dan tujuan dari pada acara ini, pertama adalah menjaga kekompakan Jemaat. Kemudian kerja sama antar kelompok sel yang kami bentuk. Kemudian selain Kerjasama, juga bagaimana supaya semua umat yang ada ini saling mengenal satu sama lain,”beber Vince.


Pdt Nelly Theresia Tebay serahkan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka perayaan Paskah 2024 Gereja Kingmi Eklesia Angkaspura. (Foto : Tangkapan Layar).

 

“ Lebih lagi kita mau merasakan bahwa kematian dan kebangkitan Yesus Kristus itu bagi kami suatu hal yang luar biasa dengan mengambil waktu penuh sehari ini mengikuti semua kegiatan sebagai ucapan syukur kami kepada Tuhan. Dan itu semua yang kami lakukan di hari ini karena Tuhan Yesus baik buat kami,”ungkapnya.

Vince mengungkapkan pihaknya bersyukur dimana pelaksanaan acara dalam rangka memeriahkan pesta Paskah 2024 dapat berjalan dengan baik.

“ Dan semua acara ini puji Tuhan bisa berjalan dengan baik dari pagi, siang hingga sore hari ini, waktu kami tutup semua berjalan dengan baik,”ujarnya.  


Panitia dan Dewan Juri kegiatan lomba dalam rangka perayaan Paskah 2024 Gereja Kingmi Eklesia Angkasapura. (Foto : Tangkapan Layar).

 

Usai kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dan juga penyerahan bingkisan kepada dewan juri dan panitia atas suksesnya kegiatan tersebut.

 

 

 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut