get app
inews
Aa Read Next : Memperkuat Gerakan Kemenangan Bersama Rakyat, Sekretariat Gabriel-Lukman di Sorong Didirikan

Hujan Deras Landa Kota Sorong, Sejumlah Kawasan Direndam Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa

Jum'at, 08 Maret 2024 | 20:34 WIB
header img
Banjir kepung Kota Sorong Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya. Sejumlah kawasan terendam banjir hingga setinggi dada orang dewasa. (Foto : IST)

 


SORONG KOTA, iNewsSorongRaya.id  - Akibat hujan lebat yang melanda wilayah Kota Sorong, Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya sejak Kamis (7/3/2024) malam hingga Jum'at (8/3/2024) pagi tadi, menyebabkan sejumlah wilayah di daerah itu dikepung banjir. Bahkan disejumlah titik tinggi genangan banjir mencapai dada orang dewasa. 

Dari pantauan Tim liputan iNewsSorongRaya.id, lokasi banjir terparah berada di Jalan  Kalagison, Kampung Bugis, Kilometer 10, dan Jalan Sapta Taruna depan Lapas Kelas IIB Sorong.

Tinggi genangan air akibat banjir di lokasi tersebut terlihat hingga mencapai dada orang dewasa. 

Rumah-rumah penduduk disejumlah kawasan pun tak luput dari rendaman banjir. 

Akibat kejadian ini aktivitas warga setempat lumpuh. Sejumlah pengendara kendaraan roda dua dan roda empat yang hendak melintas sempat terjebak akibat banjir tersebut. 

Selain itu sejumlah pemukiman penduduk atau rumah warga alami kerusakan berat. 

Selain kawasan tersebut yang terendam banjir, sejumlah kawasan lain juga mengalami hal yang sama diantaranya Jalan Jalan Sungai Maruni KM 10 masuk, Kompleks Harapan Indah, hingga Jalan Basuki Rahmat KM 9,5. 

Dari data BPBD Kota Sorong dilaporkan berdasarkan data dan informasi peringatan dini dari BMKG telah terjadi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Kota Sorong pada Pukul 04.00 dan kondisi ini akan berlangsung sampai Pukul 10.00 Wit.

Dan informasi Pasang Surut Air laut, dimana pada Pukul 06.00 pasang air laut maksimum 1,6 Meter dan saat ini mulai surut di 1,4 meter. Air laut akan surut maksimum di Pukul 11.00 Wit. 

Berdasarkan data tersebut,, saat ini terjadi genangan di beberapa wilayah yang topografinya rendah dan merupakan daerah cekungan. Juga beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) dan saluran drainase juga dilaporkan air meluap keluar saluran dan menggenangi pemukiman warga. Diantaranya Kel. Kladufu, Kel. Klabulu, Kel. klasabi,  Kel. Sawagumu, Kel. Matalamagi, Kel. kKlawuyuk, Kel. Remu dan Kel. Klasaman. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut