get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran Saga Supermarket & Dept Store Sorpus Kota Sorong

Peringatan HUT Otsus ke 22 di Tanah Papua Meriah, Ini Pesan Menteri Dalam Negeri

Kamis, 23 November 2023 | 05:35 WIB
header img
Puncak peringatan HUT Otsus ke 22 yang mengusung tema "Spirit of Otsus" berlangsung meriah. Puncak acara HUT Otsus digelar di halaman kantor Gubernur Papua Barat Daya, Kota Sorong, Rabu (22/11/2023) dihadiri Mendagri Muhammad Tito Karnavian (TIM Inews)

 


SORONG, iNewsSorong.id - Puncak peringatan HUT Otonomi Khusus ke 22 dengan mengusung tema Spirit of Otsus yang digelar di halaman kantor Gubernur Papua Barat Daya, Rabu (22/11/2023) berlangsung meriah. 

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian bersama sejumlah Penjabat Gubernur enam Provinsi di tanah Papua serta para Bupati, anggota Legislatif serta Forkompinda di tanah Papua terlihat antusias menghadiri acara puncak peringatan HUT Otsus ke 22 tersebut dan menyambut penghormatan dari masyarakat adat Papua. 


Puncak peringatan HUT Otsus ke 22 yang mengusung tema "Spirit of Otsus" berlangsung meriah. Puncak acara HUT Otsus digelar di halaman kantor Gubernur Papua Barat Daya, Kota Sorong, Rabu (22/11/2023) dihadiri Mendagri Muhammad Tito Karnavian (Tim Liputan InewsSorong.id)

 

 

Pemerintah provinsi Papua Barat Daya untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah peringatan HUT Otsus ke 22 di tanah Papua. 

Acara puncak peringatan HUT Otsus ke 22 tahun 2023 ini berlangsung meriah dengan menampilkan sejumlah tarian khas adat Papua dari Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong Selatan dan Malamoi, Kabupaten Sorong. 


Puncak peringatan HUT Otsus ke 22 yang mengusung tema "Spirit of Otsus" berlangsung meriah. Puncak acara HUT Otsus digelar di halaman kantor Gubernur Papua Barat Daya, Kota Sorong, Rabu (22/11/2023) dihadiri Mendagri Muhammad Tito Karnavian (Tim Liputan iNewsSorong.id)

 

 

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri dalam negeri yang turut hadir dalam perayaan puncak peringatan HUT Otsus ke 22 di Kota Sorong, Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya. 

Dengan mengusung tema " Papua Fest Spirit of Otsus " Musa'ad mengatakan bahwasanya amanah undang-undang dasar 1945 menghargai kesatuan hukum dan hak-hak tradisional.


Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa'ad memberikan sambutan pada acara puncak peringatan HUT Otsus ke 22 (FOTO: Tim Liputan iNewsSorong.id)

 

 

" Dengan sejarah panjang Otsus di tanah Papua sejak tahun 2001 melalui undang-undang nomor 21 tahun 2001 dan dilanjutkan dengan undang-undang nomor 2 tahun 2021 memberikan semangat serta spirit dalam membangun tanah Papua" ungkap Mohammad Musa'ad. 

Spirit Otsus menurut Musa'ad telah menjadi komitmen 6 Penjabat Gubernur di Tanah Papua untuk pelaksanaan HUT Otsus akan dilaksanakan di setiap provinsi lainnya di tanah Papua. 

" Dengan Spirit Otsus ini juga telah menjadi komitmen 6 Penjabat Gubernur di Tanah Papua bahwa kedepannya HUT Otsus akan bergantian dilaksanakan dari satu Provinsi ke Provinsi lainnya di tanah Papua,"tandasnya. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya mengaku kagum dengan perkembangan pembangunan di Tanah Papua yang begitu pesat sejak tiga tahun belakangan ini. 


Mendagri Muhammad Tito Karnavian memberikan sambutan pada acara puncak peringatan HUT Otsus ke 22. (FOTO: Tim Liputan iNewsSorong.id)

 

 

Menurut mantan Kapolda Papua ini dengan tema HUT Otsus Spirit of Otsus harus ada semangat dalam mengupayakan keistimewaan bagi perlindungan, keberpihakan demi kesejahteraan masyarakat asli Papua. 

Tito juga menegaskan agar pengelolaan dana Otonomi Khusus yang digelontorkan pemerintah pusat dengan jumlah yang sangat besar ke tanah Papua harus digunakan sebaik-baiknya Deni kesejahteraan masyarakat Papua. 

Selain itu menurut mantan Kapolri ini pengelolaan dana Otsus oleh pejabat di Tanah Papua harus digunakan dengan baik agar tidak terjadi kebocoran anggaran yang berujung proses hukum bagi pejabat pemerintah di tanah Papua. 


Puncak peringatan HUT Otsus ke 22 yang mengusung tema "Spirit of Otsus" berlangsung meriah. Puncak acara HUT Otsus digelar di halaman kantor Gubernur Papua Barat Daya, Kota Sorong, Rabu (22/11/2023) dihadiri Mendagri Muhammad Tito Karnavian (Tim Liputan iNewsSorong.id)
 
 

Puncak peringatan HUT Otsus dengan mengusung tema Spirit of Otsus di tanah Papua dimeriahkan dengan atraksi budaya, karnaval budaya, pameran ekspo pembangunan serta sejumlah kegiatan lainnya. 

Peringatan HUT Otsus ke 22 ini akan berlangsung hingga tanggal 9 Desember 2023 sekaligus memperingati HUT Provinsi Papua Barat Daya yang pertama. 

 

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut