get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Pastikan Ketahanan Stok BBM di Biak Bertahan Hingga 41 Hari

Sosialiasi Konservasi Penyu dan Pelepasan Tukik di Ternate, Pertamina Gandeng Kelompok Rumah Penyu

Rabu, 09 Agustus 2023 | 08:39 WIB
header img
Pertamina Patra Niaga Regional Papua Malukumenggelar kegiatan Sekolah Lapangan Konservasi Penyu Ori Mafala di Kelurahan Tobololo, Ternate Barat, Kota Ternate. (FOTO: iNewsSorong.id - HO Humas Pertamina Patra Niaga)

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melalui DPPU Babullah bersama Kelompok Ori Mafala menggelar kegiatan Sekolah Lapangan Konservasi Penyu Ori Mafala di Kelurahan Tobololo, Ternate Barat, Kota Ternate, Kamis, 3 Agustus 2023 pekan lalu. 

Dalam rilis media yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun, mengungkapkan adapun tujuan dari edukasi kegiatan tersebut adalah untuk mempertahankan habitat penyu yang telah lama terancam dan juga untuk melestarikan populasi penyu melalui penangkaran tukik.

Lanjut Edi Mangun, Pertamina bersama Kelompok Ori Mafala bersama Mahasiswa dari KKN PM UGM Tebar Pesona melakukan sosialisasi kepada siswa PAUD Pembina 7 Kelurahan Tubo sebanyak 20 orang yang didampingi wali murid serta guru mengenai pemahaman pentingnya penyu untuk ekosistem laut dan menjaga kestabilan populasi penyu yang ada di Indonesia. 

" Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, penyu merupakan salah satu satwa yang dilindungi,"ujar Edi Mangun. 

Edi menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab Pertamina terhadap lingkungan dan komitmen dalam menjaga ekosistem hewan yang dilindungi.

"Bukan rahasia umum lagi bahwa populasi penyu di Indonesia terus mengalami penurunan. Kegiatan yang kami laksanakan bersama teman-teman Ori Mafala dan KKN PM UGM ini merupakan upaya Pertamina untuk mengedukasi masyarakat agar bersama-sama menjaga populasi hewan yang terancam punah ini. Kami mewajibkan setiap wilayah operasi Pertamina memiliki Program Konservasi Keanekaragaman Hayati," jelasnya.

Lebih lanjut Edi mengatakan Pertamina juga mengapresiasi kepada para siswa yang mau mengikuti kegiatan Sekolah Lapangan Konservasi Ori Mafala ini dengan seksama.

“Pemahaman akan pentingnya pelestarian penyu ini sudah harus dimulai sejak usia dini, karena pada masa perkembangan tersebut anak-anak berada pada periode emas, dimana anak-anak ini kan akan mudah menerima stimulus dari lingkungan mereka,” tutur Edi.

Selain dalam bentuk materi, para siswa juga diajak untuk melihat langsung penangkaran tukik sebelum dilepasliarkan ke alam bebas dan kemudian dilanjut dengan membuat sebuah kolase. Hal ini bertujuan agar para siswa semangat dalam mengikuti kegiatan sekolah lapangan.

“Harapannya Sekolah Lapangan ini terus berlanjut dan menjadi muatan lokal sekolah minimal di jenjang TK di Kota Ternate dan bisa berlanjut lagi untuk menjaga keanekaragaman hayati yang lainnya,” terang Edi.

Terakhir, Edi menginginkan kepada setiap lapisan masyarakat hingga Pemerintah dan swasta harus saling bahu-membahu untuk menjaga keberlangsungan ekosistem termasuk yang ada di kawasan pesisir ini.

"Kegiatan edukasi semacam ini harus terus dilanjutkan agar semua paham mengenai pentingnya keberlangsungan ekosistem. Ekosistem pesisir yang baik berpotensi untuk menjadi tempat wisata baru yang diminati, yang nantinya akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat," pungkasnya. 

Editor : Sayied Syech Boften

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut