get app
inews
Aa Read Next : Anggota KKB OPM Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide, Ternyata DPO Polres Nabire

Sah Bergabung Dengan NKRI, Bupati Sorsel Jawab Tuntutan Tiga Mantan TPNPB OPM

Senin, 13 Maret 2023 | 13:52 WIB
header img
Bupati Sorong Selatan Samsuddin Anggiluli (tengah) didampingi Dandim dan Kapolres Sorong Selatan saat memberikan arahan pada acara penyerahan diri dan janji setia kembalinya tiga pimpinan TPNPB OPM ke NKRI (FOTO : ISTIMEWA)

TEMINABUAN, iNewsSorong.id - Kembalinya tiga pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, sayap militer Organsiasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) wilayah Sorong Selatan mendapatkan apresiasi dari Bupati Sorong Selatan Samsuddin Anggiluli. 

Bupati Sorong Selatan, Samsuddin Anggiluli  bahkan secara langsung menyaksikan proses penyerahan diri dan janji setia tiga pimpinan Tentara Nasional Papua Barat (TNPB) wilayah Sorong Selatan ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Polres Sorong Selatan, Senin (13/3/2023).

Apresiasi Bupati Sorsel ini diberikan kepada tiga pimpinan  TNPB OPM wilayah Sorong Selatan, masing-masing Melkianus Nabore selaku pimpinan TPNB Kodam Sorong Selatan, Yohanes Fontaba dan Yance Nabore.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sorong Selatan, AKBP Choiruddin Wachid, dan Komando Distrik Militer (Dandim) 1807/Sorong Selatan, Ronald Michael Patty yang telah melakukan pendekatan secara kekeluargaan," katanya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) Sorong Selatan memberikan apelresiasi kepada tiga pimpinan TNPB yang sudah menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami mengajak kepada semua saudara yang masih berseberangan agar bersama- sama duduk dan menyampaikan aspirasi mereka," katanya.

Bupati juga merespon tuntutan dari pentolan TNPB mengenai bantuan rumah, pemekaran kampung, dan bantuan peralatan nelayan berupa mesin motor tempel dan perahu serta peralatan nelayan lainnya. .

"Terkait tuntutan pemekaran kampung, saya akan bawa dokumen ke Jakarta dan meminta langsung. Sementara untuk perumahan dan bantuan mesin tempel dan jaring, saya langsung perintahkan kepada kepala dinas perikanan dan PUPR untuk tahun ini menjawab kebutuhan tiga pentolan TNPB," bebernya.

Sebelumnya Komandan TNPB OPM wilayah Sorong Selatan, Melkianus Nabore mendesak pemerintah untuk memekarkan kampung-kampung persiapan, serta memberikan bantuan kepada mereka.

"Kami minta agar Pemerinath Daerah (Pemda) Sorong Selatan, memberikan bantuan berupa rumah, mesin tempel, dan melakukan pemekaran. Jik tidak maka akan kelompoknya akan melakukan gerakan," tutupnya.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut