get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran Saga Supermarket & Dept Store Sorpus Kota Sorong

Panglima TNI, Kapolri Serta Tiga Kepala Staf Angkatan Kunjungi Kota Sorong

Rabu, 11 Januari 2023 | 04:08 WIB
header img
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Tiga Kepala Staf Angkatan tiba di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (10/1/2023). (FOTO: INEWSSORONG.ID - HO : INFOKOM PEMKOT SORONG)

KOTA SORONG, iNewsSorong.id  - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama tiga Kepala Staf Angkatan, masing-masing, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, beserta rombongan. Selasa (10/1/2023) malam tiba di Kota Sorong. 

Kedatangan para petinggi TNI dan Polri tersebut disambut Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad, Penjabat Sekda Papua Barat Daya, Edison Siagian, Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga, berserta para Bupati se-Provinsi Papua Barat Daya. 

Dalam kunjungan kerja tersebut Panglima TNI dan Kapolri bersama Tiga Kepala Staf disambut ritual dan tarian khas adat Papua,  serta pemasangan mahkota cenderawasih, noken dan kain khas suku Malamoi, yang merupakan tradisi dalam penyambutan tamu di negeri Malamoi.


Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Tiga Kepala Staf Angkatan tiba di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (10/1/2023). (FOTO: INEWSSORONG.ID - HO INFOKOM PEMKOT SORONG)

 

Kedatangannya disambut Pj. Gubernur dan Sekda Provinsi PBD, bersama seluruh kepala Daerah se Provinsi PBD. Tak lupa, tarian penyambutan khas papua, serta pemasangan mahkota cenderawasih, noken dan  kain khas suku Malamoi, yang merupakan tradisi dalam penyambutan tamu di negeri Malamoi.

Dari informasi yang diterima Redaksi iNewsSorong.id,  Panglima TNI, Kapolri, dan rombongan langsung melanjutkan perjalanannya menuju Swissbell Hotel, guna melakukan pertemuan tertutup dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan mahasiswa, serta tokoh agama.

Selanjutnya, pada Rabu (11/1/2023) Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan akan melakukan pertemuan internal dan memberikan pengarahan kepada para prajurit TNI dan Polri di Mako Koarmada III Sorong. 


Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Tiga Kepala Staf Angkatan tiba di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (10/1/2023). (FOTO: INEWSSORONG.ID - HO INFOKOM PEMKOT SORONG)

 

Panglima TNI juga dijadwalkan akan mengukuhkan pengoperasian KRI Teluk Wondama yang merupakan salah satu pendukung kekuatan operasi Koarmada III Sorong. 

Kepada wartawan, Panglima TNI menyebutkan kunjungan kerja tersebut merupakan wujud kecintaan para Jenderal pada tanah Papua. Selain itu, juga dilakukan pengecekan langsung prajurit TNI dan anggota Kepolisian di Papua.

" Karena salah satu tupoksi mereka adalah mengawal dan melindungi masyarakat, menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tumpah darah, dari berbagai tantangan maupun gangguan," sebut Panglima TNI. 

Sebelum berkunjung ke Kota Sorong, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan terlebih dahulu melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Provinsi Papua Barat. 

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri diharapkan dapat menyelesaikan sejumlah konflik yang terus terjadi di wilayah Papua yang telah dimekarkan menjadi 5 Provinsi tersebut. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut