get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide Berhasil Ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz

Syukuri Rencana Pemulangan Ke Kampung Halaman, Pengungsi Warga Kiwirok Gelar Pesta Bakar Batu

Sabtu, 19 November 2022 | 23:37 WIB
header img
Anggota Satgas Ops Damai Cartenz bercengkrama bersama pengungsi warga Kiwirok dalam acara syukuran persiapan rencana pemulangan pengungsi sebelum Natal 2022 ke kampung halaman mereka. (FOTO: iNewsSorong.id-HO Satgas Damai Cartenz)

OKSIBIL, iNewsSorong.id - Hampir setahun lebih mengungsi ke Distrik Oksibil akibat kekejaman kelompok bersenjata di wilayahnya, Ratusan warga Distrik Kiwirok akhirnya akan segera dipulangkan sebelum perayaan Natal 2022 mendatang. 


Anggota Satgas Ops Damai Cartenz bercengkrama bersama pengungsi warga Kiwirok dalam acara syukuran persiapan rencana pemulangan pengungsi sebelum Natal 2022 ke kampung halaman mereka. (FOTO: iNewsSorong.id-HO Satgas Damai Cartenz)

 

Rencana tersebut saat ini tengah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang bersama aparat TNI -POLRI yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz.

Ucapan doa syukur pun dinaikkan warga Distrik Kiwirok yang mendapat kabar bahagia dimana sebentar lagi mereka akan kembali ke kampung halamannya.


Doa bersama ratusan pengungsi warga Kiwirok sebagai ucapan syukur dimana mereka akan segera pulang ke kampung halaman sebelum Natal 2022. (FOTO: iNewsSorong.id-HO Satgas Damai Cartenz 2022)

Warga bersama Pemerintah dan Tim Satgas Ops Damai Cartenz pun menggelar syukuran melalui pesta adat "Bakar Batu) yang digelar di halaman Gereja Sion Oksibil Kabupaten Pengunungan Bintang pada Selasa (15/11/2022) lalu.

Raut wajah bahagia terpancar dari wajah ratusan pengungsi ini yang sudah sangat rindu untuk kembali ke kampung halamannya.


Ratusan pengungsi warga Kiwirok menggelar Pesta Bakar Batu sebagai tanda syukur karena sebentar lagi mereka akan kembali ke kampung halamannya sebelum perayaan Natal 2022. (FOTO: iNewsSorong.id-HO Satgas Ops Damai Cartenz 2022)

 

Pesta adat bakar batu yang digelar tersebut mendapat dukungan dari Satgas Ops Damai Cartenz. Tak main-main 4 ekor babi dan ratusan ekor ayam pun disumbangkan untuk pesta adat dalam syukuran tersebut.

Rencananya dalam waktu dekat ratusan pengungsi ini akan pulang kampung dari Oksibil ke Kiwirok yang difasilitasi Pemerintah dan mendapat pengawalan dari Damai Cartenz, Polri dan TNI.  

Seperti diketahui, ratusan warga Kiwirok terpaksa mengungsi ke hutan dan desa terdekat yakni Oksibil akibat serangan Kelompok Kriminal Bersenjata pada September 2021 lalu. Mereka meninggalkan desanya dan sebagian besar menumpang bersama keluarga di Oksibil.

"Pemulangan masyarakat Kiwirok bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan kerjasama yang baik dari seluruh pihak agar terwujud sesuai rencana," kata Kepala Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol M Firman, dalam siaran pers yang diterima Redaksi iNewsSorong.id, Sabtu (19/11/2022).

Sementara itu, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana mengatakan melalui moment doa bersama dan bakar batu, agar proses pemulangan pengungsi Kiwirok ke kampung halamannya bisa berjalan lancar dan selamat.

"Saya minta kepada masyarakat untuk bersabar, dan mempercayai aparat keamanan untuk bekerja dan memastikan situasi di Kiwirok benar-benar aman dan kondusif," kata Bupati.

Ketua Tim Pengungsi Warga Distrik Kiwirok Selotiu Taplo di sela-sela upacara adat Bakar Batu mengatakan selama ini dirinya sudah menjalin komunikasi dengan stak holdder yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang terkait pemulangan warganya. Terlebih terhadap Ka Ops Damai Cartenz 202 Kombes Pol M Firman, S.I.K, Msi.

"Iya selama ini kami sudah menjalin komunikasi dengan baik, namun kami harus bersabar sampai pihak aparat keamanan memastikan distrik Kiwirok sudah kondusif," ujar Selotiu Taplo.

Lebih lanjut, dengan adanya surat rujukan dari Kapolres Pegunungan Bintang tekait situasi di Kiwirok yang sudah aman, warga merasa lega dan hal tersebut menumbuhkan semangat dan harapan kami semua untuk bisa berkumpul bersama keluarga di tempat asal kami saat perayaan Natal nanti.

"Kami kembali bersemangat, apalagi kami juga mendapat kepastian dari satgas Ops Damai Cartenz, TNI, Bupati yang siap membantu dan mendukung pemulangan masyarakat kami sebelum perayaan Natal."

"Terimakasih kepada pihak kepolisian dengan ada acara Bakar Batu ini harapan kami untuk berkumpul dengan keluarga di tempat asal kami saat perayaan Natal bisa terwujud. Kita juga berharap selama proses pemulangan semuanya berjalan dengan aman dan lancar,"pungkas Selotiu Taplo.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut