get app
inews
Aa Read Next : Berita Foto : 43 Klub Ramaikan Turnamen Sepak Bola Yoka Cup VII 2022

Yunus Wonda Buka Turnamen Yoka Cup VII

Jum'at, 18 November 2022 | 06:57 WIB
header img
Wakil Ketua I DPRP Papua, Yunus Wonda saat menendang bola, tanda dimulainya Turnamen Sepak Bola Yoka Cup VII tahun 2022. Melalui Turnamen Yoka Cup diharapkan dapat melahirkan regenerasi sepak bola Profesional dari tanah Papua.

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Sebanyak 43 Tim sepakbola se-kota dan kabupaten Jayapura berpartisipasi mengikuti turnamen Sepakbola Yoka Cup VII yang dibuka secara resmi oleh wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRP) Papua, Yunus Wonda. Turnamen tersebut berlangsung di Lapangan sepakbola kampung Hebaebhulu Yoka, Minggu (13/11/2022). 

Yunus Wonda saat membuka turnamen Yoka Cup VII mengharapkan turnamen sepakbola Yoka Cup VII dapat menghasilkan regenerasi bibit pemain sepakbola yang baik untuk membentuk satu kekuatan sepakbola yang baik. Maka pergelaran ivent sepakbola Yoka Cup harus bisa menjadi ajang penjaringan bibit mudah untuk mengisi klub-klub sepakbola professional di tanah air salah satunya Persipura Jayapura.

" Suka atau tidak suka  kita menyadari bahwa harus ada regenerasi , harus kita lihat dan ambil anak-anak yang punya potensi di kampung, karena mereka punya stamina yang alamiah", ungkap Yunus Wonda. 

Sebagai Pimpinan Dewan sekaligus wakil ketua KONI Provinsi Papua Yunus Wonda berpesan agar potensi-potensi atlit di cabang sepakbola , bola volly dan cabang olahraga lain yang rutin di gelar di kampung-kampung perlu di lirik untuk mengisi slot kekosongan atlit menuju PON Sumatera 2024 mendatang.

“Jadi kita tidak lagi beli-beli atlit dari luar, sehingga kita sudah bisa menghasilkan atlit dan stok atlit pada ivent-ivent tingkat nasional dan internasional, “tuturnya.

Sementara di tempat yang sama Kepala Kampung Yoka, Anthonius D. Mebri mengungkapkan turnamen Yoka Cup VII merupakan momen penting , dimana beberapa ivent sepakbola nasional seperti Liga I tengah dalam masa jedah atau istirahat, sehingga  pemain –pemain di berbagai klub dapat meluangkan waktu untuk menjaga kebugaran lewat turnamen sepakbola Yoka Cup terutama tim seperti persipura yang seluruh pemainnya diliburkan. 

“ Yoka Cup ini sebagai ajang pemanasan dan menjaga kebugaran tubuh dari jedah kompetisi“, kata Anthonius. 

Sebagai turnamen yang rutin digelar, Anthonius ingin Yoka Cup bisa pula menjadi ajang pencarian bibit pemain sepakbola Papua yang baik, sehingga Persipura dapat kembali ke kasta sepakbola tertinggi dan tidak lagi terpuruk.

Ondofolo Kampung Hebaebhulu Yoka Riky David Mebri menuturkan bahwa Turnamen Sepakbola Yoka Cup VII memiliki arti penting dalam sejarah sepakbola di tanah Papua , beberapa nama besar pernah lahir dari lapangan Yoka, sehingga perlu di dukung penyelenggaran turnamen yang rutin bergulir setiap tahun tersebut.

“Kenapa saya bilang penting, sebab nama-nama besar sepakbola Papua pernah lahir dari lapang ini, sehingga turnamen ini menjadi loncatan untuk melahirkan pemain-pemain baru,“ujarnya.

Turnamen  Yoka Cup VII yang di ikuti oleh 43 tim sepakbola di kota dan kabupaten Jayapura rencananya berlangsung di dua lapangan berbeda yakni di lapangan Sepakbola Yoka dan lapangan Sepakbola Mahacandra Uncen Waena. 

Dalam turnamen tersebut juara 1 berhak atas piala bergilir dan piala tetap serta uang pembinaan senilai Rp. 20 juta , juara II mendapatkan Rp. 15 juta ,Juara III sebanyak Rp. 10 Juta serta juara harapan I bisa membawa pulang uang senilai Rp. 5 juta. 

 

Editor : Ila Yanti Kirana

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut