get app
inews
Aa Read Next : Optimalisasi Pengelolaan SDA dan Dorong Peningkatan Investasi di KEK Sorong Pemprov PBD Gelar Rakor

Jenazah Ikbal, korban Kerusuhan Dogiyai diberangkatkan ke Kampung Halaman

Senin, 14 November 2022 | 18:23 WIB
header img
Petugas Maskapai penerbangan saat memasukkan peti jenazah ke dalam bagasi pesawat. Jenazah Ikbal korban kerusuhan di Kabupaten Dogiyai Papua Tengah dipulangkan ke kampung halamannya di Pangkep, Sulawesi Selatan (FOTO: iNewsSorong.id/NATHAN MAKING)

TIMIKA, iNewsSorong.id - Setelah disemayamkan satu malam di Kota Nabire, Jenazah Ikbal, pekerja bangunan yang tewas akibat dibunuh sekelompok massa dalam kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Sabtu (12/11/2022) kemarin, Senin (14/11/2022) pagi tadi dipulangkan ke kampung halamannya di Desa Benteng, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Ikbal sebelumnya dilaporkan hilang bersama enam warga lainnya saat pecah kerusuhan di Kabupaten Dogiyai, pada Sabtu (12/11/2022) lalu. Kerusuhan terjadi akibat meninggalnya seorang anak berusia 5 tahun bernama Noldy Goo akibat terlindas sebuah truk pengangkut material bangunan di Kampung Ikebo, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai pada Sabtu (12/11/2022) sekitar pukul 14.30 WIT. 

Ikbal baru ditemukan aparat Kepolisian yang melakukan penyisiran pasca kerusuhan tersebut. Almarhum Ikbal ditemukan dalam posisi di kubur secara tak layak disebuah tempat tidak jauh dari lokasi kejadian. Almarhum meninggal di lokasi kejadian dengan kondisi sejumlah luka di bagian kepala. 

Jenazah Ikbal diberangkatkan ke Makassar dengan menggunakan pesawat komersil dan diantar langsung oleh sejumlah keluarganya. 

Keterangan pihak keluarga korban, Ikbal sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan. Saat kerusuhan pecah Ikbal yang panik hendak keluar dari rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut. Massa yang mengira Ikbal adalah pelaku kecelakaan maut langsung di kejar massa. 

"  Almarhum Ikbal merupakan korban pengeroyokan oleh masyarakat yang pada saat itu melaksanakan sweping dan mau membakar rumah penduduk non OAP di sekitar TKP laka lalin, pada saat kejadian Almarhum Ikbal keluar dari rumah karena panik dan kemudian dikejar massa yang mengira bahwa korban adalah pelaku (sopir truk yang menabrak anak berusia 5 tahun). Padahal sehari-hari korban bekerja sebagai tukang bangunan di proyek yang dekat dengan TKP laka lalin tersebut, " ungkap Abdul Rasyid kerabat korban yang ikut mengantar jenazah ke Kampung halamannyaz Senin (14/11/2022) siang tadi. 

Pihak keluarga berharap agar aparat keamanan segera menindak tegas para pelaku pembunuhan terhadap Ikbal 

Menurut rencana Jenazah Almarhum Ikbal setelah sampai di Bandara Sultan Hasanuddin Makasar, selanjutnya akan di bawa ke Kampung halaman di Desa Benteng, Kecamatan Segeri, Kab Pangkep, Sulsel menggunakan route darat. Dan selanjutnya dimakamkan oleh pihak keluarga. 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut