get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Dugaan Pembunuhan Aktivis Perempuan Papua oleh KSTB OPM

Jenazah Pratu Eka Kaise Akan Diberangkatkan ke Wasior Papua Barat

Jum'at, 04 November 2022 | 21:06 WIB
header img
Korban meninggal Pratu Eka Johan Kaise ditemukan dalam kondisi mengenaskan di perumahan barak Pemda Yahukimo, Jumat (4/11/2022) dini hari tadi. Korban meninggal dunia diduga di bunuh oleh OTK di wilayah itu. (Foto : iNewsSorong.id)

JAYAPURA, iNewsSorong.id – Kodam Cenderawasih memastikan satu jenazah yang ditemukan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo merupakan jenazah anggota TNI AD. Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan jenazah tersebut merupakan anggota TNI AD bernama Pratu Eka Johan Kaize.

Menurut Kapendam, jenazah Pratu Eka pertama kali ditemukan warga di sekitar Kompleks Barak Pegawai, Jalan Seradala, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Jumat (4/11/2022).

Lanjut Kapendam, kronologi penemuan jenazah prajurit TNI AD asal Merauke ini, berawal dari laporan warga setempat kepada Polsek Dekai.

Atas informasi itu, Kapolsek Kota Dekai Ipda Stevy Rumalena langsung memimpin anggotanya ke kompleks perumahan barak Pemda di Jalan Seradala untuk memastikan laporan warga.

“Mereka menemukan jenazah tersebut sekira pukul 05.30 WIT. Kemudian pihak kepolisian langsung mengevakuasi korban ke RSUD Dekai,” kata Kapendam melalui siaran pers yang diterima Redaksi iNewsSorong.id Jumat (4/11/2022) malam tadi. 

Selanjutnya menurut Kapendam pihak medis RSUD Dekai telah melakukan visum terhadap korban. Pihak Kepolisian dan TNI juga saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait penyebab meninggalnya prajurit TNI AD tersebut. 

“Pihak Kodim 1715/Yahukimo dan Polres Dekai serta Pomdam XVII/Cenderawasih sedang melakukan pendalaman atau penyelidikan tentang penyebab meninggalnya almarhum yang diduga awal akibat penganiayaan berat,” tandas Kapendam.

Sementara itu, Komandan Korem 172 Praja Wira Yakti, Brigjen TNI JO Sembiring menambahkan korban Pratu Eka Johan Kaize merupakan prajurit TNI AD dari Kodim 1715 Yahukimo yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa di Kampung Bonega Koramil 1715-07 Kenyam. 

Usai di lakukan Visum et Reperatum di RSUD Dekai, menurut Danrem, kini jenazah korbah telah disemayakam di aula Mayonif 751 Raider Khusus Sentani. 

“Rencananya jenazah akan diterbangkan ke Manokwari yang selanjutnya menuju ke kediaman almarhum di Kampung Wasior II, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat,” kata Danrem.

Menurut Danrem, Kodim 1715 Yahukimo masih melakukan pendalaman terkait motif penganiayaan berat terhadap almarhum Pratu Eka Johan Kaise, serta melakukan koordinasi dengan Polres Yahukimo dan Pomdam XVII/Cenderawasih.

Editor : Chanry Suripatty

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut