get app
inews
Aa Read Next : Polisi Ungkap Kasus Percobaan Penculikan Anak di Jayapura

Tampilkan Alat Musik Angklung dalam Pawai Budaya, Kontingen Banten Hipnotis Warga Jayapura

Selasa, 25 Oktober 2022 | 23:21 WIB
header img
Kontingen Komunitas Masyakarat Adat Nusantara asal Provinsi Banten tampil memukau dengan memainkan alat musik tradisional angklung dalam rangka pembukaan KMAN VI di Jayapura, Senin (24/10/2022) ( Foto : Collins)

JAYAPURA, iNewsSorong.id - Pawai budaya dalam rangka pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke-Enam (KMAN VI) disambut meriah ribuan komunitas masyarakat adat dari seluruh Indonesia yang hadir di tanah Papua, Senin (24/10/2022). 


Kontingen Komunitas Masyakarat Adat Nusantara asal Provinsi Banten tampil memukau dengan memainkan alat musik tradisional angklung dalam rangka pembukaan KMAN VI di Jayapura, Senin (24/10/2022) ( Foto : Collins)

 

Sejumlah komunitas masyarakat adat nusantara bahkan tampil memukau dalam pawai budaya tersebut yang digelar di lapangan makam Theys Eluay. Salah satunya adalah komunitas masyarakat adat nusantara asal Provinsi Banten yang tampil dalam pagelaran pawai budaya dengan menampilkan alat musik angklung yang  merupakan alat musik tradisional khas masyarakat adat Banten. 

Oci salah satu peserta Kongres yang mewakili kontingen masyarakat adat Provinsi Banten mengatakan , peralatan musik yang di mainkan seperti aklung ini di bawa kontingen dan tim musik langsung dari provinsi Banten hingga ke tanah Papua untuk memeriahkan KMAN VI tahun 2022. 

" Ini langsung dari Banten dan mereka tim musik memainkan sendiri " ungkap Oci Senin , (24/10/2022).

Lanjut Oci kesenian angklung yang di meriahkan oleh kontingen Banten pada pawai budaya dan Pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI tahun 2022 cukup menarik perhatian warga Papua dan peserta KMAN VI yang hadir. 

Sementara itu salah seorang warga Sentani, Yosi, mengaku kagum dengan penampilan para duta-duta masyarakat adat yang hadir dalam pelaksanaan kongres KMAN VI dimana para peserta ini menampilkan ciri khas daerah mereka masing-masing. 

" Cukup tertarik juga karena musik angklung yang di mainkan , ini memang keren " tutur Yosi warga Sentani yang hadir dan menonton Parade Budaya KMAN VI tersebut.

Selain memainkan alat musik angklung kontingen Banten juga memainkan gendang dalam memeriahkan pembukaan KMAN VI.

 

Editor : Chanry Suripatty

Follow Berita iNews Sorongraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut